Sunday, June 5, 2022

Pengenalan Microsoft Office Word 2016

 Pengertian Microsoft word

          Microsoft word adalah sebuah aplikasi yang memudahkan untuk membuat berbagai dokumen, microsoft word dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama microsoft.


Mengenal Word 2016
       Word 2016 mirip dengan Word 2013 dan Word 2010. Jika sebelumnya telah menggunakan versi di bawah Word 2016 tentunya sudah terbiasa. Tetapi jika baru menggunakan Word atau lebih banyak pengalaman dengan versi yang lama, maka harus terlebih dahulu meluangkan waktu untuk lebih mengenal dengan antarmuka Word 2016.


Antarmuka Word
       Ketika membuka Word untuk pertama kalinya, Start Screen akan muncul. 
Dari sini, dapat membuat workbook baru, memilih template, dan mengakses workbook yang baru saja diedit. Dari Layar Start, cari dan pilih dokumen Blank untuk mengakses antarmuka Word.


membuat dokumen kosong baru
Klik Blank Document, maka akan ditampilkan seperti dibawah ini :

Quick Access Toolbar : 
Quick Access Toolbar mengakses perintah-perintah umum, tidak peduli tab mana yang sedang dipilih. Secara default, di dalamnya termasuk Save, Undo, dan perintah Repeat.

Ribbon : 
Ribbon berisi semua perintah yang diperlukan dalam melakukan tugas umum di Word. Ribbon memiliki banyak tab, masing-masing tab dengan beberapa kelompok perintah.

Perintah Grup: 
Setiap kelompok/group berisi serangkaian perintah yang berbeda. Cukup klik perintah apapun untuk menerapkannya. Beberapa kelompok juga memiliki panah di sudut kanan bawah, yang dapat diklik untuk melihat perintah yang lebih lanjut.

Panel Dokumen: 
Ini adalah tempat di mana akan mengetik dan mengedit teks dalam dokumen.

Ruller: 
Ruller terletak di bagian atas dan di sebelah kiri dokumen. Akan mempermudah untuk menyelaraskan dan menyesuaikan jarak.

Tell Me: 
Bar Tell Me memungkinkan untuk mencari sebuah perintah, sangat membantu jika tidak ingat di mana menemukan sebuah perintah tertentu.

Scroll Bar: 
Klik dan tarik scroll bar vertikal untuk bergerak ke atas dan ke bawah melalui halaman dokumen.

Page dan Word Count: 
Dari sini, dapat dengan cepat melihat jumlah kata dan halaman dalam dokumen.

Document Views: 
Ada tiga cara untuk melihat dokumen. Read Mode menampilkan dokumen dalam modus layar penuh. Print Layout, dipilih secara default dan akan menampilkan dokumen sama seperti halaman yang dicetak. Web Layout menunjukkan bagaimana dokumen akan terlihat sebagai halaman web.

Zoom Control: 
Klik dan tarik slider untuk menggunakan zoom control Angka yang terletak pada kanan slider menunjukan persentase pembesaran.

Lingkungan Word

Seperti versi terbaru lainnya, Word 2016 tetap menggunakan fitur seperti Ribbon dan Quick Access Toolbar, di mana akan menemukan perintah untuk melakukan tugas-tugas umum di Word, serta tampilan Backstage.

Ribbon
Word menggunakan sistem tab Ribbon, bukan menu tradisional. Ribbon berisi beberapa tab, yang dapat ditemukan di dekat bagian atas jendela Word.






Tab pada ribbon
Setiap tab berisi beberapa kelompok perintah yang terkait. Misalnya, kelompok Font pada tab Home berisi perintah untuk memformat teks dalam dokumen.






kelompok Font pada tab Home
Beberapa kelompok juga memiliki panah kecil di sudut kanan bawah yang dapat diklik untuk pilihan yang lebih banyak.











Menampilkan dan menyembunyikan Ribbon
Jika merasa bahwa Ribbon mengambil terlalu banyak ruang layar, maka dapat menyembunyikannya. Untuk melakukan ini, klik panah Ribbon Display Option di sudut kanan atas Ribbon, lalu pilih opsi yang diinginkan dari menu drop-down:

menyembunyikan Ribbon














Auto-hide Ribbon: 
Auto-hide menampilkan dokumen dalam modus layar penuh dan akan menyembunyikan Ribbon dari pandangan. Untuk menampilkan kembali Ribbon, klik perintah Expand Ribbon di bagian atas layar.

Show Tabs: 
Opsi ini akan menyembunyikan semua kelompok perintah ketika sedang tidak digunakan, namun tab akan tetap terlihat. Untuk menampilkan kembali Ribbon, cukup klik tab.

Show Tab dan Commands: 
Opsi ini akan memaksimalkan Ribbon. Semua tab dan perintah akan terlihat. Opsi ini dipilih secara default ketika membuka Word untuk pertama kalinya.

Menggunakan fitur Tell Me
Jika mengalami kesulitan menemukan perintah yang diinginkan, fitur Tell Me dapat membantu. Ia bekerja seperti sebuah kotak pencarian biasa : Ketik apa yang ingin dicari, dan daftar pilihan akan muncul. kemudian dapat menggunakan perintah secara langsung dari menu tanpa harus menemukannya di Ribbon.










Quick Access Toolbar

Terletak tepat di atas Ribbon, Quick Access Toolbar memungkinkan untuk mengakses perintah umum dengan tidak mempedulikan tab mana yang dipilih. Secara default, itu menampilkan perintah Save, Undo, dan Redo, tetapi dapat menambahkan perintah lain tergantung pada kebutuhan.

Menambahkan perintah pada Quick Access Toolbar:

a. Klik panah drop-down di sebelah kanan Quick Access Toolbar.










b. Pilih perintah yang ingin ditambahkan dari menu.











c. Perintah akan ditambahkan pada Quick Access Toolbar.










Ruller

Ruller terletak di bagian atas dan di sebelah kiri dokumen. Ruller akan mempermudah menyesuaikan dokumen dengan presisi. Jika ingin menyembunyikan Ruler untuk memperbasar ruang layar.

Menampilkan atau menyembunyikan Ruler:
Klik tab View.





Klik kotak centang di sebelah Ruller untuk menampilkan atau menyembunyikan Ruler.





Tampilan Backstage

Tampilan Backstage menampilkan pilihan untuk menyimpan, membuka file, mencetak, dan berbagi dokumen. Untuk mengakses tampilan Backstage, klik tab File pada Ribbon.











Return to Word: 
dapat menggunakan panah untuk menutup tampilan Backstage dan kembali ke Word.

Info: 
Panel Info akan muncul setiap kali mengakses tampilan Backstage. Ini berisi informasi tentang dokumen saat ini. juga dapat memeriksa dokumen untuk menghapus informasi pribadi dan melindunginya, mencegah orang lain membuat perubahan.

New: 
Dari sini, dapat membuat dokumen kosong yang baru, atau dapat memilih dari pilihan template.

Open: 
Dari sini, dapat membuka dokumen yang disimpan pada komputer atau OneDrive.

Save dan Save As: 
akan menggunakan Save dan Save As untuk menyimpan dokumen ke komputer atau OneDrive.

Print: 
Dari panel Print, dapat mengubah pengaturan pencetakan dan mencetak buku kerja, juga dapat melihat preview dari dokumen.

Share: 
Dari sini,dapat mengundang orang untuk melihat dan berkolaborasi pada dokumen.

Ekspor: 
Dari sini, dapat mengekspor dokumen menjadi file dengan format lain, seperti PDF / XPS.

Close: 
Klik di sini untuk menutup buku kerja yang saat ini terbuka.

Account: 
Dari panel Account, dapat mengakses informasi akun Microsoft, mengubah tema dan latar belakang, dan keluar dari akun.

Options: 
Di sini, dapat mengubah berbagai pilihan Word. Misalnya, dapat mengontrol pengaturan ejaan dan pemeriksaan tata bahasa, pengaturan AutoRecover, dan preferensi bahasa.

Tampilan dokumen dan zooming

Word memiliki berbagai pilihan tampilan yang dapat mengubah bagaimana dokumen akan ditampilkan. dapat memilih melihat dokumen pada mode baca/Read View, Print Layout, atau Web Layout. Tampilan ini dapat berguna untuk berbagai tugas, terutama jika berencana untuk mencetak dokumen. Juga dapat memperbesar dan memperkecil agar dokumen lebih mudah dibaca.

Mengalihkan tampilan dokumen
Mengalihkan berbagai dokumen yang berbeda sangatlah mudah. Cukup cari dan pilih tampilan dokumen yang diinginkan di sudut kanan bawah jendela Word.

Read Mode: 
Tampilan ini akan membuka dokumen pada layar penuh. Tampilan ini sangat berguna untuk membaca teks dalam jumlah besar atau jika hanya ingin meninjau pekerjaan.
mode membaca











Print Layout: 
Ini adalah tampilan default dokumen Word. Ini akan menampilkan seperti apa tampilan dokumen ketika dicetak.
mode print layout












Web Layout: 
ini akan menampilkan dokumen seperti halaman web, yang dapat membantu jika ingin menggunakan Word untuk mempublikasikan konten secara online.












Memperbesar dan memperkecil
Untuk memperbesar atau memperkecil, klik dan tarik zoom control slider di sudut kanan bawah jendela Word.  Juga dapat memilih perintah + atau - untuk memperbesar atau memperkecilnya secara bertahap. nomor di sebelah slider menampilkan persentase zoom saat ini, juga disebut zoom level.








Perbedaan save dan save As
  • Save untuk menyimpan dokumen yang belum memiliki nama
  • Save as untuk menyimpan dokumen yang pernah di simpan sebelumnya dengan nama baru

A.  Cara membuat dan menambahkan nomor halaman yang berbeda pada Microsoft 2016

1. Letakkan kursor dibagian awal barisan pertama dihalaman tempat ingin berhenti, memulai, atau, mengubah penomoran halaman.
2. Klik tata letak untuk menampilkan taat letak
3. Klik hentikan, lalu klik halaman berikutnya
4. Pada halaman setelah hentian halaman, klik ganda di area header atau footer tempat ingin menampilkan nomor halaman
5.Klik tautan ke sebelumnya untuk membatalkan pilih tombol dan memutuskan sambungan header atau footer dari header atau footer dibagian sebelumnya.
6.Pada tab header & footer, klik nomor halaman lalu klik nomor halaman.
7. Di nomor halaman pilih posisi dan perataan nomor.

B.   Cara memasukkan image/gambar

1.    Klik insert pada menu bar
2.    Pilih picture
3.    Pilih gambar
4.    Klik ok

C.   Cara memasukkan captions untuk gambar

1.    Klik references pada menu bar
2.    Pilih insert captions
3.    Klik new label untuk mengubah nama
4.    Klik ok

Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...