Saturday, December 12, 2020

Setting Port Forwarding Modem ADSL ( IP Public Speedy ) Menjadi IP WebServer

Berikut ini adalah Step by Step Panduan Setting Port Forwarding Modem ADSL Agar IP Public Speedy Menjadi IP WebServer.

Step by stepnya adalah sebagai berikut :

1. Disini saya memberikan contoh mengunakan Modem ADSL Linksys WAG200G ( yang sudah Upgrade dari Firmware 1.01.06 menjadi 1.01.09 ). Pertama, cek status Modem, sehingga kita tahu IP Public yang diberikan oleh SPEEDY kepada. Contoh disini IP Public saya adalah : 125.164.75.150 












2. Selanjutnya klik menu “Applications & Gaming” lalu pilih sub menu “Single Port Forwarding“. Nah, pada Application “HTTP Port 80” di Forward ke IP Address Web Server dengan IP : 192.168.88.16 ( IP ini hanya contoh saja sesuai dengan webserver local punya masing-masing ) dan aktifkan tanda checkmark “Enabled“.












3. Lalu Install XAMPP ( Menggunakan XAMPP )  pada PC dengan IP address : 192.168.88.16 dan Upload ke folder HTDOCS (default folder Xampp )











4. Jika mengunakan Paket Speedy Office biasanya mendapat IP Public Static. Nah, langkah selanjutnya setelah IP Public WebServer ini maka tinggal membeli atau Register untuk nama Domain dan bisa juga mengunakan paket Speedy Sosial atau yang lain tapi akan mendapatkan IP Public Dinamis ( alias kalau Koneksi Modem ADSL-nya diskonek maka akan mendapatkan IP Public yang berbeda ). jika IP Public Dinamis maka dapat mengunakan Tool DynDNS seperti panduan dibawah ini :

Membuat Webserver IP Public Dinamis via DYNDNS

5. Berikut ini adalah tampilan websites setelah dilakukan Setting Port Forwarding di Modem ADSL dengan mengarahkan Port 80 ke WebServer local dengan IP 192.168.88.16.

Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...