Tuesday, September 10, 2019

Mengubah tampilan Linux Ubuntu Server dari teks base menjadi GUI

Berikut ini adalah Step by Step Konfigurasi untuk mengubah tampilan Linux Ubuntu Server 12.10 dari teks base menjadi tampilan GUI. Hal ini diperlukan bagi user yang merasa terbiasa  dengan tampilan GUI namun tetap memilih OS Ubuntu Server ( bukan Ubuntu Desktop ). Simple-nya adalah cara untuk merubah tampilan teks base menjadi grafis.

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Login ke Ubuntu Server


2. Selanjutnya lakukan Update dengan perintah “sudo apt-get update“.


3. Lalu lakukan Upgrade dengan perintah “sudo apt-get upgrade“.



4. Setelah proses Update dan Upgrade sudah selesai, maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah installasi packet untuk tampilan desktop GUI dengan perintah “sudo apt-get install ubuntu-desktop”.



5. Selanjutnya tunggu hingga proses upgrade berlangsung ( kira-kira 30 menit – 1 jam, tergantung kecepatan akses internet ). Kalo ada sedikit error seperti tampilan dibawah ini, abaikan saja.



6. Setelah selesai proses installasi Packet Ubuntu Desktop-nya, selanjutnya reboot. Dengan perintah “sudo reboot”. Setelah reboot, maka selanjutnya tampilan Ubuntu Server sudah bukan teks base lagi namun tampilan grafis / GUI seperti gambar dibawah ini.



7. Dibawah ini adalah tampilan setelah Login pada Ubuntu Server GUI.





Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...