Saturday, December 12, 2020

Membuat Mikrotik Bandwith Manajemen dan MRTG

Langkah – langkah yang harus dilakukan adalah :

Pertama : Masuk menu Queues, seperti gambar dibawah ini :













Ke 2 : Pada menu tab Simple Queues, buat 1 buah New Simple Queue untuk WAN. Pada menu tab General, berikan nama WAN dengan target address 0.0.0.0/0. ( artinya memantau trafik ke IP Address mana saja dari interface WAN ).













Pada menu tab Advanced, kita pilih interface WAN seperti gambar dibawah ini :













Ke 3 : Selanjutnya buat 1 buah New Simple Queue untuk LAN. Simple Queue untuk LAN inilah yang nantinya akan digunakan sebagai PARENT Simple Queue untuk Client ( per-IP Address ). Pada menu tab General, berikan nama LAN dengan target address 0.0.0.0/0. ( artinya memantau trafik ke IP Address mana saja dari interface LAN ).













Pada menu tab Advanced, pilih interface LAN seperti gambar dibawah ini :













Ke 4 : Buat Simple Queue untuk setting per-IP Address Client sejumlah Client yang ada atau sesuai keinginan. Simple Queue ini nantinya yang juga akan disetting menjadi MRTG ( Traffic Grapper ).













Pada menu tab General, berikan nama Client 100 dengan target address 192.168.88.100 dan pilih interface LAN. ( artinya memantau trafik Client dengan IP Address 192.168.88.100 yang mengarah ke interface LAN ).  Lalu setting Traget Upload dan Download menjadi 256 k, serta setting Parent-nya LAN ( artinya bandwith PC Client ini di limit dengan speed maksimum 256 kbps ).













Ke 5 : Selanjutnya dapat meng-copy Simple Queue tadi menjadi sejumlah PC Client, tinggal menganti Nama dan menganti IP Address-nya saja, serta limit bandwith yang diinginkan.













Ke 6 : Setelah Queues selesai dibuat, maka dapat melakukan pengujian dengan melakukan Download dari PC CLient yang akan diuji. Dan seperti terlihat pada gambar dibawah ini bahwa jika pada Queue terpantau warna merah berarti Client tersebut telah mencapai batas limit bandwith yang telah disetting dan jika berwarna kuning berarti Client tersebut sudah mendekati batas limit bandwith.


























Ke 7 : Selanjutnya akan dibuat MRTG dari Simple Queue yang telah dibuat tadi. Masuklah ke menu Tools lalu pilih Graphing.











Ke 8 : Pilih menu Queue Rules, lalu pada option Simple Queue pilih nama Queue yang telah dibuat melalui menu Drop Down. Terus klik OK. Create sebanyak Queues yang telah dibuat dengan cara yang sama.












Ke 9 : MRTG telah selesai dibuat dan dapat diakses atau melihat tampilan MRTG tersebut dari WebBox seperti gambar dibawah ini lalu pilih menu Graph.
















Dibawah ini adalah Contoh dari MRTG yang telah dibuat. 


















Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...