Saturday, December 12, 2020

Membuat Webserver IP Public Dinamis via DYNDNS

Pada tutorial berikut ini adalah  :

1. Ingin memanfaatkan IP Public yang Dinamis maupun Statis khususnya dari Telkom Speedy sehingga dapat digunakan untuk IP Webserver.

2. Ingin memanfaatkan IP Public untuk Domain Webserver dengan Free Domain.

3. Ingin memantau IP Public Dimanis yang dapatkan dari Telkom Speedy atau ISP lain sehingga dapat mengakses jaringan dari luar dengan mudah.

4. Ingin memanfaatkan IP Public Dimanis yang didapatkan dari Telkom Speedy atau ISP lain sehingga dapat memanfaatkan dan mengakses VPN dengan mudah melalui Fre Domain Name yang didapatkan dari DYNDNS. Artinya tidak perlu bersusah payah mencari Identitas IP Public yang dimiliki, cukup dengan mengakses Domain Name saja.


Memulai dengan beberapa tahap dengan persiapan sebagai berikut :

1. Register di : http://www.dyndns.com

2. Download Dynamic DNS Updater di :

http://cdn.dyndns.com/windows/DynUpSetup.exe

3. Siapkan Modem ADSL yang support Portf forwarding. Tentang Port Forwarding bisa dibaca :

Setting Port Forwarding Modem ADSL ( IP Public Speedy ) Menjadi IP WebServer

4. Siapkan XAMPP Webserver lokal dan hasil websites desain ( pada contoh ini XAMPP ).


Tahapan :

1. Lakukan Registrasi di DynDNS seperti langkah-langkah dibawah ini :













2. Pilih menu “Host Service” lalu Klik “Add New Host”













3. Masukkan Nama Hostname yang diinginkan, misalnya disini dipakai hostname XPSOLUTION, lalu pilih DNS Name yang sesuai kehendak dan disini dipakai BLOGDNS.COM. Maka Domain Name yang didapatkan nanti adalah : xpsolution.blogdns.com. Selanjutnya masukkan IP Public yang diperoleh dari Telkom Speedy, bisa dilihat dari Status Modem ADSL.













4. Selanjutnya pilih fitur atau service yang akan kita gunakan lalu Klik “Add New Chart”













5. Selanjutnya klik “Next”, disini lihat Free Charge serta mendapatkan FREE Domain Name hingga 5 nama Hostname.














6. Register Hostname di DynDNS telah selesai dibuat.













7. Install Dynamic DNS Updater dan running di salah satu PC yang ada dalam jaringan LAN, boleh juga pada PC dengan XAMPP Webserver. Yang penting punya akses internet karena aplikasi inilah yang akan memberitahukan kepada Account DynDNS tentang IP Public yang dimiliki.

    http://cdn.dyndns.com/windows/DynUpSetup.exe












8. Sampai disini sudah dapat melakukan Updating IP Public ke DynDNS dan selanjutnya dapat fungsikan lebih lanjut. Artinya “Jika mengakses ke Hostname  xp.solution.blogdns.com maka secara otomatis DynDNS akan mengarahkan ke IP Public : 125.164.75.150.

Jika IP Public ini adalah Modem ADL Router maka jika xp.solution.blogdns.com dari akses ke Web browser maka akan muncul tampilan setting Modem ADSL Router.

Jika pada IP Public : 125.164.75.150 ini mengunakan DialUp Mikrotik PPPoE, maka hostname  xp.solution.blogdns.com dapat digunakan sebagai identifikasi untuk remote akses ke Mikrotik tsb pake Winbox maupun Webbox.

Jika pada IP Public : 125.164.75.150 ini adalah Port forwarding ke sebuah XAMPP Webserver, maka jika hostname  xp.solution.blogdns.com diakses dari Webbrowser maka akan muncul tampilan Webserver yang telah kita buat. Contohnya pada langkah berikut inilah cara membuat Webserver Portforwarding.

9. Install XAMPP pada PC  dan tempatkan desain websites ke folder C:\xampp\htdocs . ( misalnya IP Local PC adalah 192.168.88.200 ).














10. Setelah itu kita pastikan Webserver berfungsi secara benar dengan mengakses Websites dari Webrowser ke IP  192.168.88.200, tampil seperti dibawah ini :.











11. Selanjutnya setting Port forwarding pada modem ADSL Router untuk PORT 80 di forward ke IP Address PC tadi yaitu 192.168.88.200.













12. Semua setting telah selesai dilakukan dan langkah terakhir adalah melihat hasilnya dengan mengakses Hostname xp.solution.blogdns.com di Web browser. 




Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...