Monday, February 13, 2023

Install Editor Grafik Inkscape Pada OS Mac

 


Inkscape merupakan software desain grafis berbasis vector open source free yang dilansir dari inkscape yaitu Inkscape is free and open source software lincenced under the GPL. Software inkscape dapat digunakan pada perangkat PC dan laptop dengan Os GNU atau Linux, Windows Os versi 64 bit dan 32 bit dan Mac Os untuk file inkscape.dmg menggunakan processor intel dan juga processor M1 Arm 64.

Aplikasi inkscape berbasis vector secara default tersimpan dalam bentuk file svg. Namun kalian juga dapat menyimpan file sebagai project dalam bentuk file lainnya. Hasil edit gambar, membuat logo di inkscape dapat di export dalam berbagai jenis file seperti Png, Jpeg atau Jpg, Tiff, Webp, atau lainnya dari file exstensi inkscape yang bisa dipilih pada saat kalian melakukan export hasil desain di inkscape.

1. Dowload Inkscape ( Pilih Current Version ). Akan tampil pilihan Os, kemudian Pilih MacOs apple MacOs desktop.

2. Selanjutnya akan terbuka pilihan apakah Mac Os  menggunakan Intel procesor atau M1 Arm 64 untuk mendownload file inkscape dmg. Pilih salah satu sesuai dengan MacOs yang digunakan.

3. Setelah itu. buka file inkscape dmg di pojok kiri bawah browser Chrome dengan cara Klik pada tanda panah kemudian Pilih Open. atau buka melalui Finder, Klik Finder di dock, selanjutnya Pilih folder Downloads dan Pilih file inkscape-1.2.0_x86_64.dmg kemudian double klik file tersebut dengan cara Klk kanan kemudian pilih Open atau dengan cara double Klik.

4. Setelah itu, instal inkscape ke Aplications di Macbook, Klik kiri icon Aplikasi Inkscape dan tahan kemudian  drag ke Aplications, tunggu proses install inkscape sampai selesai.


5. Setelah itu buka Launcpad,  maka akan nampak inkscape telah berhasil diinstall. Selanjutnya klik tahan dan drag ke arah Dock,  ( bisa digunakan untuk membuka dan menggunakan Inkscape di Macbook ).

6. Lakukan verifikasi untuk pertama kali saat membuka Inkscape dengan memilih Open.

7. Setelah itu akan muncul Quick Setup yaitu setting default inkscape. Kemudian pilih Save lalu Pilih New Document.


Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...