Pengertian Prosedur, Fungsi, dan Method
Jangan bingung…karena ketiga-tiganya sama.
Prosedur, Fungsi, dan Method itu sama.
Prosedur adalah sebutan untuk fungsi yang tidak mengembalikan nilai. Fungsi ini biasanya ditandai dengan kata kunci
void
.
Fungsi adalah sebutan untuk fungsi yang mengembalikan nilai.
Method adalah fungsi yang berada di dalam Class. Sebutan ini, biasanya digunakan pada OOP.
Untuk memudahkan, mari kita sebut semuanya fungsi.
Cara Membuat Fungsi di Java
Fungsi harus dibuat atau ditulis di dalam class.
Struktur dasarnya seperti ini:
static TypeDataKembalian namaFungsi(){
// statemen atau kode fungsi}
Penjelasan:
- Kata kunci
static
, artinya kita membuat fungsi yang dapat dipanggil tanpa harus membuat instansiasi objek.Bingung? Nanti saya jelaskan. TypeDataKembalian
adalah tipe data dari nilai yang dikembalikan setelah fungsi dieksekusi.namaFungsi()
adalah nama fungsinya. Biasanya ditulis dengan huruf kecil di awalnya. Lalu, kalau terdapat lebih dari satu suku kata, huruf awal di kata kedua ditulis kapital.
Contoh:
static void ucapSalam(){
System.out.println("Selamat Pagi");}
Tipe data
void
artinya kosong, fungsi tersebut tidak mengebalikan nilai apa-apa.Cara Memanggil/Eksekusi Fungsi
Setelah kita membuat fungsi, selanjutnya kita akan mengeksekusi fungsinya.
Fungsi dapat dipanggil dari fungsi
main
atau dari fungsi yang lainnya.
Contoh pemanggilan fungsi dalam dalam funsgi
main
:public static void main(String[] args){
ucapSalam();}
Maka akan menghasilkan output:
Selamat Pagi
Kode lengkapnya, silahkan dicoba sendiri:
class BelajarFungsi {
// membuat fungsi ucapSalam()static void ucapSalam(){System.out.println("Selamat Pagi");}// membuat fungsi main()public static void main(String[] args){// memanggil/eksekusi fungsi ucapSalam()ucapSalam();}}
Fungsi dengan Parameter
Parameter adalah variabel yang menampung nilai untuk diproses di dalam fungsi. Parameter berperan sebagai input untuk fungsi.
Struktur dasarnya seperti ini:
static TipeData namaFungsi(TipeData namaParameter, TipeData namaParameterLain){
// kode fungsi}
Penjelasan:
- Parameter ditulis di antara tanda kurung
(...)
; - Parameter harus diberikan tipe data;
- Bila terdapat lebih dari satu parameter, maka dipisah dengan tanda koma.
Contoh fungsi yang memiliki parameter:
static void ucapin(String ucapan){
System.out.println(ucapan);}
Pada contoh tersebut, kita membuat parameter bernama
ucapan
dengan tipe String
. Sehingga kita bisa menggunakan variabel ucapan
di dalam fungsi.
Cara pemanggilan fungsi yang memiliki parameter:
ucapin("Hallo!");
ucapin("Selamat datang di pemrograman Java");ucapin("Saya kira ini bagian terakhir");ucapin("Sampai jumpa lagi, ya!");
Hasil outputnya:
Hallo!
Selamat datang di pemrograman JavaSaya kira ini bagian terakhirSampai jumpa lagi, ya!
Fungsi yang Mengembalikan Nilai
Setelah fungsi memproses data yang diinputkan melalui parameter, selanjutnya fungsi harus mengembalikan nilai agar dapat diolah pada proses berikutnya.
Pengembalian nilai pada fungsi menggunakan kata kunci
return
.
Contoh:
static int luasPersegi(int sisi){
int luas = sisi * sisi;return luas;}
Pada contoh tersebut, kita membuat sebuah parameter bernama
sisi
. Kemudian fungsi akan mengembalikan nilai dengan tipe int
(integer)dari variabel luas
.
Contoh pemanggilanya:
System.out.println("Luas Persegi dengan panjang sisi 5 adalah " + luasPersegi(5));
Hasil Output:
Luas Persegi dengan panjang sisi 5 adalah 25
Pemanggilan Fungsi di Fungsi Lain
Fungsi-fungsi dapat saling memanggil untuk memproses data.
Contoh, sebuah program Kalkulator Bangun Ruang memiliki fungsi-fungsi:
luasPersegi()
, luasPersegiPanjang()
, luasSegitiga()
, luasBalok()
, luasKubus()
dsb.
Fungsi-fungsi tersebut dapat saling membantu, contoh fungsi
luasKubus()
membutuhkan fungsi luasPersegi()
.
Rumus:
Luas Kubus = 6 * luasPersegi;
Luas Persegi = sisi * sisi;
Maka programnya bisa dibuat seperti ini:
public class BangunRuang {
public static void main(String[] args) {int s = 12;int luas = luasKubus(s);System.out.println(luas);}// membuat fungsi luasPersegi()static int luasPersegi(int sisi){return sisi * sisi;}// membuat fungsi luasKubus()static int luasKubus(int sisi){// memanggil fungsi luasPersegireturn 6 * luasPersegi(sisi);}}
Hasil output
864
Fungsi Static dan Non-Static
Pada contoh-contoh diatas, kita menggunakan kata kunci
static
sebelum membuat fungsi.
Kata kunci
static
akan membuat fungsi dapat dieksekusi langsung, tanpa harus membuat instansiasi objek dari class.
Contoh:
public class FungsiStatic {
// Fungsi non-staticvoid makan(String makanan){System.out.println("Hi!");System.out.println("Saya sedang makan " + makanan);}// fungsi staticstatic void minum(String minuman){System.out.println("Saya sedang minum " + minuman);}// fungsi mainpublic static void main(String[] args) {// pemanggilan fungsi staticminum("Kopi");// mambuat instansiasi objek saya dari class FungsiStaticFungsiStatic saya = new FungsiStatic();// pemanggilan fungsi non-staticsaya.makan("Nasi Goreng");}}
Pada contoh tersebut, fungsi
makan()
adalah fungsi non-static. Sedangkan fungsi minum()
adalah fungsi static.
Hasil output dari program di atas:
Saya sedang minum Kopi
Hi!Saya sedang makan Nasi Goreng
Apabila kita tidak membuat objek untuk memanggil fungsi non-static, maka akan terjadi error.
Variabel Global dan Variabel Lokal pada Java
Variabel global adalah variabel yang bisa diakses dari semua fungsi. Sedangkan variabel lokal adalah variabel yang hanya bisa diakses dari dalam fungsi tempat variabel itu berada.
Bingung?
Mari kita lihat contohnya:
class ProgramKu{
// ini variabel globalstatic String nama = "Programku";static String version = "1.0.0";static void help(){// ini variabel lokalString nama = "Petani Kode";// mengakses variabel global di dalam fungso help()System.out.println("Nama: " + nama);System.out.println("Versi: " + version);}public static void main(String args[]){// panggil fungsi help()help();System.out.println("Nama: " + nama);System.out.println("Versi: " + version);}}
Hasil outputnya:
Nama: Petani KodeVersi: 1.0.0
Versi: 1.0.0Nama: Programku
Saat pemanggilan fungsi
help()
kita membuat ulang variabel nama
. Sehingga variabel nama menjadi variabel lokal pada fungsi help()
dan nilainya berubah menjadi "Petani Kode"
.
Sedangkan, saat kita akases lagi variabel nama melalui fungsi
main()
nilainya tetap sama seperti yang didefinisikan.Contoh Program dengan Fungsi dan Prosedur
Program ini adalah program sederhana dengan fitur sebagai berikut:
- Baca data dari ArrayList
- Simpan data ke ArrayList
- Ubah data
- Hapus Data
- Keluar
Belum tahu tentang ArrayList?
Silahkan baca meteri: Mengenal Array di Java
Baiklah, silahkan buat class baru bernama
FungsiProsedur
. Lalu impor class-class yang dibutuhkan.import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;import java.io.InputStreamReader;import java.util.ArrayList;
Setelah itu buat variabel global di dalam class
FungsiProsedur
:static ArrayList listBuah = new ArrayList();
static boolean isRunning = true;static InputStreamReader inputStreamReader = new InputStreamReader(System.in);static BufferedReader input = new BufferedReader(inputStreamReader);
Penjelasan:
- Variabel
listBuah
adalah variabel global untuk menyimpan nama-nama buah. - Variabel
isRunning
adalah variabel global untuk membuat loop. - Kemudian
inputStreamReader
daninput
adalah objek yang kita butuhkan untuk mengambil input dari keyboard.
Setelah itu, buat masing-masing fungsi.
Fungsi untuk menampilkan menu:
static void showMenu() throws IOException {
System.out.println("========= MENU ========");System.out.println("[1] Show All Buah");System.out.println("[2] Insert Buah");System.out.println("[3] Edit Buah");System.out.println("[4] Delete Buah");System.out.println("[5] Exit");System.out.print("PILIH MENU> ");int selectedMenu = Integer.valueOf(input.readLine());switch(selectedMenu){case 1:showAllBuah();break;case 2:insertBuah();break;case 3:editBuah();break;case 4:deleteBuah();break;case 5:System.exit(0);break;default:System.out.println("Pilihan salah!");}}
Fungsi tersebut bertugas untuk menampilkan menu dan menentukan fungsi mana yang akan dipanggil berdasarkan nomer menu yang diinputkan.
Apa itu
throws IOException
?
Nanti saya akan bahas di kesempatan berikutnya. Untuk saat ini diabaikan saja dulu. Ini karena kita menggunakan Buffereader, jadi
throws IOException
wajib ditulis.
Fungsi untuk menampilkan data:
static void showAllBuah(){
if(listBuah.isEmpty()){System.out.println("Belum ada data");} else {// tampilkan semua buahfor(int i = 0; i < listBuah.size(); i++){System.out.println(String.format("[%d] %s",i, listBuah.get(i)));}}}
Fungsi tersebut bertugas menampilkan isi dari
listBuah
. Kalau listBuah
kosong, maka akan ditampilkan pesan "Belum ada data"
.
Fungsi untuk menambah data buah:
static void insertBuah() throws IOException{
System.out.print("Nama buah: ");String namaBuah = input.readLine();listBuah.add(namaBuah);}
Pada fungsi tersebut, kita menggunakan method
listBuah.add(namaBuah);
untuk menambah data ke dalam listBuah
berdasarkan namaBuah
yang diberikan.
Fungsi untuk mengubah data buah:
static void editBuah() throws IOException{
showAllBuah();System.out.print("Pilih nomer buah: ");int indexBuah = Integer.valueOf(input.readLine());System.out.print("Nama Baru: ");String namaBaru = input.readLine();// ubah nama buahlistBuah.set(indexBuah, namaBaru);}
Pertama kita perlu tampilkan dulu daftar buahnya, lalu kita minta user untuk memilih buah mana yang akan diedit.
Setelah itu, kita update buahnya dengan method
listBuah.set(indexBuah, namaBaru);
.
Fungsi untuk menghapus buah:
static void deleteBuah() throws IOException{
showAllBuah();System.out.print("Pilih nomer buah: ");int indexBuah = Integer.valueOf(input.readLine());// hapus buahlistBuah.remove(indexBuah);}
Hampir sama seperti edit buah, untuk menghapus buah kita juga butuh nomer indeks buah yang akan dihapus.
Lalu mengapusnya dengan method
listBuah.remove(indexBuah);
.
Fungsi main:
public static void main(String[] args) throws IOException {
do {showMenu();} while (isRunning);}
Lengkap sudah, berikut ini bentuk kode lengkapnya.
import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;import java.io.InputStreamReader;import java.util.ArrayList;public class FungsiProsedur {static ArrayList listBuah = new ArrayList();static boolean isRunning = true;static InputStreamReader inputStreamReader = new InputStreamReader(System.in);static BufferedReader input = new BufferedReader(inputStreamReader);static void showMenu() throws IOException{System.out.println("========= MENU ========");System.out.println("[1] Show All Buah");System.out.println("[2] Insert Buah");System.out.println("[3] Edit Buah");System.out.println("[4] Delete Buah");System.out.println("[5] Exit");System.out.print("PILIH MENU> ");int selectedMenu = Integer.valueOf(input.readLine());switch(selectedMenu){case 1:showAllBuah();break;case 2:insertBuah();break;case 3:editBuah();break;case 4:deleteBuah();break;case 5:System.exit(0);break;default:System.out.println("Pilihan salah!");}}static void showAllBuah(){if(listBuah.isEmpty()){System.out.println("Belum ada data");} else {// tampilkan semua buahfor(int i = 0; i < listBuah.size(); i++){System.out.println(String.format("[%d] %s",i, listBuah.get(i)));}}}static void insertBuah() throws IOException{System.out.print("Nama buah: ");String namaBuah = input.readLine();listBuah.add(namaBuah);}static void editBuah() throws IOException{showAllBuah();System.out.print("Pilih nomer buah: ");int indexBuah = Integer.valueOf(input.readLine());System.out.print("Nama Baru: ");String namaBaru = input.readLine();// ubah nama buahlistBuah.set(indexBuah, namaBaru);}static void deleteBuah() throws IOException{showAllBuah();System.out.print("Pilih nomer buah: ");int indexBuah = Integer.valueOf(input.readLine());// hapus buahlistBuah.remove(indexBuah);}public static void main(String[] args) throws IOException {do {showMenu();} while (isRunning);}}
Setelah itu, silahkan dijalankan dan perhatikanlah hasilnya.
========= MENU ========
[1] Show All Buah[2] Insert Buah[3] Edit Buah[4] Delete Buah[5] ExitPILIH MENU> 1Belum ada data========= MENU ========[1] Show All Buah[2] Insert Buah[3] Edit Buah[4] Delete Buah[5] ExitPILIH MENU> 2Nama buah: Apel========= MENU ========[1] Show All Buah[2] Insert Buah[3] Edit Buah[4] Delete Buah[5] ExitPILIH MENU> 1[0] Apel========= MENU ========[1] Show All Buah[2] Insert Buah[3] Edit Buah[4] Delete Buah[5] ExitPILIH MENU>