Wednesday, August 14, 2019

Blok Percabangan pada Java

 Blok pada java ada 3 :
  1. Percabangan IF
  2. Percabangan IF/ELSE
  3. Percabangan IF/ELSE/IF atau SWITCH/CASE

1. Percabangan IF

Percabangan ini hanya memiliki satu pilihan. Artinya, pilihan di dalam IF hanya akan dikerjakan kalau kondisinya benar.
Percabangan IF

Contoh :
Maka programnya bisa kita buat seperti ini:
import java.util.Scanner;

public class Hadiah {

    public static void main(String[] args) {

        // membuat variabel belanja dan scanner
        int belanja = 0;
        Scanner scan = new Scanner(System.in);

        // mengambil input
        System.out.print("Total Belanjaan: Rp ");
        belanja = scan.nextInt();

        // cek apakah dia belanja di atas 100000
        if ( belanja > 100000 ) {
            System.out.println("Selamat, anda mendapatkan hadiah!");
        }

        System.out.println("Terima kasih...");

    }

}
Jalankan programnya dan perhatikanlah hasilnya.
Program diskon dengan Java

2. Percabangan IF/ELSE

Sedangkan percabangan IF/ELSE memiliki pilihan alternatif kalau kondisinya salah.
IF: “Jika kondisi benar maka kerjakan ini, kalau tidak silahkan lanjut”
IF/ESLE: “Jika kondisi benar maka kerjakan ini, kalau salah maka kerjakan yang itu, setelah itu lanjut”
Perbedaan percabangan IF dengan IF/ELSE
Begitulah perbedaan IF dengan IF/ELSE.
Contoh :
Programnya bisa kita buat seperti ini:
import java.util.Scanner;

public class CekKelulusan {

    public static void main(String[] args) {

        // membuat variabel dan Scanner
        int nilai;
        String nama;
        Scanner scan = new Scanner(System.in);

        // mengambil input
        System.out.print("Nama: ");
        nama = scan.nextLine();
        System.out.print("Nilai: ");
        nilai = scan.nextInt();

        // cek apakah dia lulus atau tidak
        if( nilai >= 70 ) {
            System.out.println("Selemat " + nama + ", anda lulus!");
        } else {
            System.out.println("Maaf " + nama + ", anda gagal");
        }

    }

}
Hasil outputnya:
Hasil output program tes kelulusan

Percabangan IF/ELSE dengan Operator Ternary

Selain menggunakan struktur seperti di atas, percahangan ini juga dapat menggunakan operator ternary.
Seperti yang sudah kita pelajari pada pembahasan tentang operator. Operator ternary memiliki konsep yang sama seperti percabganan IF/ELSE.
Ilustraisi operator ternary
Contoh programnya:
public class OperatorTernary {
    public static void main(String[] args) {

        boolean suka = true;
        String jawaban;

        // menggunakan operator ternary
        jawaban = suka ? "iya" : "tidak";

        // menampilkan jawaban
        System.out.println(jawaban);

    }
}

3. Percabangan IF/ELSE/IF dan SWITCH/CASE

Jika percabangan IF/ESLE hanya memiliki dua pilihan saja. Maka percahangan IF/ELSE/IF memiliki lebih dari dua pilihan.
Formatnya seperti ini:
if (suatu kondisi) {
    // maka kerjakan ini
    // kerjakan perintah ini juga
    // …
} else if (kondisi lain) {
    // kerjakan ini
    // kerjakan ini juga
    // …
} else if (kondisi yang lain lagi) {
    // kerjakan perintah ini
    // kerjakan ini juga
    // …
} esle {
    // kerjakan ini kalau
    // semua kondisi di atas
    // tidak ada yang benar
    // …
}
Coba perhatikan contohnya:
Jika nilainya lebih besar dari 90, maka grade-nya “A”. Sedangkan kalau lebih besar dari 80, maka “B+”. Lebih besar dari 70, maka “B”, dan seterusnya.

Contoh :
buat sebuah class baru bernama HitungGrade, kemudian ikuti kode program berikut.
import java.util.Scanner;

public class HitungGrade {
    public static void main(String[] args) {

        // membuat variabel dan scanner
        int nilai;
        String grade;
        Scanner scan = new Scanner(System.in);

        // mengambil input
        System.out.print("Inputkan nilai: ");
        nilai = scan.nextInt();

        // higung gradenya
        if ( nilai >= 90 ) {
            grade = "A";
        } else if ( nilai >= 80 ){
            grade = "B+";
        } else if ( nilai >= 70 ){
            grade = "B";
        } else if ( nilai >= 60 ){
            grade = "C+";
        } else if ( nilai >= 50 ){
            grade = "C";
        } else if ( nilai >= 40 ){
            grade = "D";
        } else {
            grade = "E";
        }

        // cetak hasilnya
        System.out.println("Grade: " + grade);
    }
}
Hasil outputnya:
Hasil output program hitung grade

Percabangan SWITCH/CASE

Percabangan SWITCH/CASE sebenarnya adalah bentuk lain dari IF/ELSE/IF.
Bedanya, percabangan ini menggunakan kata kunci switch dan case.
Formatnya juga berbeda, tapi cara kerjanya sama.
switch(variabel){
    case 1:
        // kerjakan kode ini
        // kode ini juga
        break;
    case 2:
        // kerjakan kode ini
        // kode ini juga
        break;
    case 3:
        // kerjakan kode ini
        // kode ini juga
        break;
    default:
        // kerjakan kode ini
        // kode ini juga
        break;
}
Perhatikan: case 1 artinya nilai variabel yang akan dibandingkan, apakah nilainya sama dengan 1 atau tidak.
Kalau iya, maka kerjakan kode yang ada di dalam case 1.
Bisa juga betuknya berbeda, misalnya seperti ini:
switch (variabel) {
    case 'A':
        // lakukan sesuatu
        break;
    case 'B':
        // lakukan ini
        break;
    default:
        // lakukan ini
}
Perlu diperhatikan juga: di sana ada kata kunci break dan default.
  • break artinya berhenti. Ini untuk memerintahkan komputer untuk berhenti mengecek case yang lainnya.
  • default artinya jika nilai variabel tidak ada yang sama dengan pilihan case di atas, maka kerjakan kode yang ada di dalam default.
Pilihan default bisa juga tidak memiliki break, karena dia adalah pilihan terakhir. Artinya pengecekan akan berakhir di situ.
Contoh program dengan percabangan SWITCH/CASE
import java.util.Scanner;

public class LampuLalulintas {
    public static void main(String[] args) {

        // membuat variabel dan Scanner
        String lampu;
        Scanner scan = new Scanner(System.in);

        // mengambil input
        System.out.print("Inputkan nama warna: ");
        lampu = scan.nextLine();

        switch(lampu){
            case "merah":
                System.out.println("Lampu merah, berhenti!");
                break;
            case "kuning":
                System.out.println("Lampu kuning, harap hati-hati!");
                break;
            case "hijau":
                System.out.println("Lampu hijau, silahkan jalan!");
                break;
            default:
                System.out.println("Warna lampu salah!");
        }
    }
}
Hasil outputnya:
Hasil output program lampu lalu lintas dengan percabangan switch case
Eksperimen: Cobalah untuk menghilangkan break di salah satu casedan perhatikanlah hasilnya.

Percabangan dalam Percabangan (Nested)

Kita sudah tahu tiga bentuk dasar percabganan di Java. Selanjutnya, kita coba bahas percabangan yang ada di dalam perbangan (perabangan bersarang).
Sebenarnya pembahasan ini saya ingin pisahkan. Namun, baiknya digabungkan di sini aja.
Anggap saja pembahasan bonus 😄.
Baiklah…
Jadi, percabangan itu bisa dibuat di dalam percabangan. Kadang teknik ini disebut juga nested if.
Contoh kasus:
Misalnya ada model bisinis seperti ini di sebuah toko. Ketika orang membayar di kasir, biasanya ditanya ada kartu member untuk mendapatkan diskon dan sebagainya.
Apakah anda punya kartu member?
   - ya
       * Apakah belanjaan anda lebih dari 500rb?
           # ya : mendapatkan diskon 50rb
           # tidak : tidak mendapatkan diskon
       * Apakah belanjaan anda lebih dari 100rb?
           # ya : mendapatkan diskon 15rb
           # tidak: tidak mendapatkan diskon
   - tidak
       * Apakah belanjaan anda lebih dari 100rb?
           # ya : mendapatkan diskon 10rb
           # tidak: tidak mendapatkan diskon
Paham?
Kalau tidak, coba perhatikan flow chart-nya:
Flowchart percabangan bersarang
Masih belum paham?
Kalau begitu mari kita coba dalam program.
Silahkan buat class baru bernama Kasir dan ikuti kode program berikut ini.
import java.util.Scanner;

public class Kasir {
    public static void main(String[] args) {
        // deklarasi variabel dan Scanner
        int belanjaan, diskon, bayar;
        String kartu;
        Scanner scan = new Scanner(System.in);

        // mengambil input
        System.out.print("Apakah ada kartu member: ");
        kartu = scan.nextLine();
        System.out.print("Total belanjaan: ");
        belanjaan = scan.nextInt();

        // proses
        if (kartu.equalsIgnoreCase("ya")) {
            if (belanjaan > 500000) {
                diskon = 50000;
            } else if (belanjaan > 100000) {
                diskon = 15000;
            } else {
                diskon = 0;
            }

        } else {
            if (belanjaan > 100000) {
                diskon = 5000;
            } else {
                diskon = 0;
            }
        }

        // total yang harus dibayar
        bayar = belanjaan - diskon;

        // output
        System.out.println("Total Bayar: Rp " + bayar);
    }  
}
Hasil outputnya:
Hasil output program dengan percabangan bersarang

Mungkin di sana ada yang perlu diperhatikan:
  • Fungsi equalsIgnoreCase("ya") digunakan untuk membandingkan String dengan tidak memperdulikan huruf besar dan kecilnya.
  • Ada juga Fungsi equals(), fungsinya sama. Tapi equals() akan memperhatikan case hurufnya.

Kalau kita ingin membandingkan nilai String, ya… menggunakan fungsi yang dua tadi.
Tapi, kalau membandingkan selain String, maka bisa pakai operator ==atau !=.

Menggunakan Operator Logika dalam Percabangan

Operator logika dalam percabangan sebenarnya bisa membuat percabangan menjadi lebih singkat.
Misal ada program Tilang dengan logika seperti ini:
public class Tilang {
    public static void main(String[] args) {
        boolean SIM = false;
        boolean STNK = true;

        // cek apakah dia akan ditilang atau tidak
        if(SIM == true){
            if( STNK == true ) {
                System.out.println("Tidak ditilang!");
            }
        } else {
            System.out.println("Anda ditilang!");
        }
    }
}
Perhatikan: di sana kita menggunakan percabangan bersarang untuk mengecek, apakah dia ditilang atau tidak.
Hal ini sebenarnya bisa disingkat dengan operator logika, sehingga menjadi seperti ini:
public class Tilang {
    public static void main(String[] args) {
        boolean SIM = false;
        boolean STNK = true;

        // cek apakah dia akan ditilang atau tidak
        if(SIM == true && STNK == true){
            System.out.println("Tidak ditilang!");
        } else {
            System.out.println("Anda ditilang!");
        }
    }
}
Pada kode di atas, kita menggunakan operator AND (&&).

Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...