Friday, October 4, 2019

Install VirtualBox di Linux Mint

A. Pengertian
     VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi 'tambahan' di dalam sistem operasi 'utama'. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi Linux yang terpasang di komputer utamanya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi Linux-nya. Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC. Sistem operasi yang dapat menjalankannya antara lain Linux, Mac OS, Windows, dll.

B. Latar Belakang
    Latar belakang kenapa saya menginstall VirtualBox adalah karena saya ingin mencoba menggunakan OS lain dengan mesin virtual di dalam OS Linux saya. Karena hal tersebut akhirnya saya tertarik untuk mencobanya, disamping saya juga ingin mencoba bagaimana rasanya menggunakan VirtualBox serta memberitahu kepada yang lain bagaimana langkah instalasinya.

C. Maksud dan Tujuan
     Sedangkan maksud dan tujuan saya adalah agar siswa yang lain dapat mengetahui bagaimana langkah instalasi VirtualBox sehingga dapat mempraktekkannya dan menjadi bahan referensi ketika ingin menginstall VirtualBox.

D. Alat dan Bahan
  • Laptop
  • Koneksi Internet

E. Langkah Kerja
    

1. Buka terminal dengan menekan Ctrl + Alt + T

2. Kemudian ketik su pada terminal


3. Kemudian ketikkan perintah apt-get install virtualbox


4. Jika ada pilihan y/n pilih y, lalu enter


 5. Tunggu hingga selesai, setelah selesai ketikkan perintah apt-get install virtualbox-qt


6. Tunggu hingga virtualbox selesai di konfigurasi 


7. VirtualBox telah selesai diinstall



sumber : https://ary2000.blogspot.com/2016/10/cara-install-virtualbox-di-linux-mint.html

Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...