Thursday, September 13, 2018

Membuat Kotak dialog pada Python

  1. 1. Membuat Messege Box.
  2. sintax
  3. from tkinter.ttk import Frame, Button
  4. from tkinter import Tk, BOTH, messagebox as mbox

  5. class membuatPeringatan(Frame):
  6.     def __init__(self, parent):
  7.         Frame.__init__(self, parent)

  8.         self.window = parent
  9.         self.initUI()

  10.     def initUI(self):
  11.         self.window.title("Message box")
  12.         self.window.geometry("300x150")
  13.         
  14.         self.pack()
  15.         self.buatTombol()
  16.     
  17.     def buatTombol(self):
  18.         pesanError = Button(self, text="Error", command=self.tampilError)
  19.         pesanError.grid(padx=5, pady=5)
  20.         pesanPeringatan = Button(self, text="Peringatan", command=self.tampilPeringatan)
  21.         pesanPeringatan.grid(row=1, column=0)
  22.         pesanPertanyaan = Button(self, text="pertanyaan", command=self.tampilPertanyaan)
  23.         pesanPertanyaan.grid(row=0, column=1)
  24.         pesanInformasi = Button(self, text="infromasi", command=self.tampilInfromasi)
  25.         pesanInformasi.grid(row=1, column=1)

  26.     def tampilError(self):
  27.         mbox.showerror("Error", "Maaf ada yang Error.")

  28.     def tampilPeringatan(self):
  29.         mbox.showwarning("Warning", "Di aplikasi ini ada peringatan.")

  30.     def tampilPertanyaan(self):
  31.         mbox.askquestion("Question", "Kalian sudah makan ?")

  32.     def tampilInfromasi(self):
  33.         mbox.showinfo("Information", "Aplikasi sukses di buat.")

  34. if __name__ == '__main__':
  35.     root = Tk()
  36.     ex = membuatPeringatan(root)
  37.     root.mainloop()
  38. tampilan
  39. Nah jika menekan tombol yang pertama, yaitu “error” maka akan tampil  sebuah messegebox pada screenshoot dengan  no. 1 yaitu pesan error.
  40. Dan jika mengklik tombol yang kedua, maka akn tampil sebuah Messege box pada screenshoot no. 2 ya.. Yaitu sebuah pertanyaan dengan tombol “yes” dan “no”. Seperti saat inigin menutup sebuah aplikasi ya..
  41. Dan jika mengklik tombol peringatan atau tombol yan ke 3, maka messege box yang akan tampil adalah pada screenshoot no. 3 yaitu sebuah peringatan dengan icon tanda seru ya..
  42. Dan yang terakhir adalah jika mengklik tombol “informasi” atau tombol dengan no. 4. Maka akan tampil sebuah messege box pada screenshoot no. 4. Bisa kita lihat ya perbedaan iconnya.

  43. 2. Menampilkan color chooser atau pemilih warna
  44. sintax :
  45. from tkinter import Tk, Frame, Button, BOTH, SUNKEN, colorchooser

  46. class pemilihWarna(Frame):
  47.     def __init__(self, parent):
  48.         Frame.__init__(self, parent)

  49.         self.window = parent
  50.         self.initUI()

  51.     def initUI(self):
  52.         self.window.title("pemilih warna")
  53.         self.window.geometry("300x150")
  54.         self.pack(fill=BOTH, expand=1)

  55.         self.buatTombol()
  56.         
  57.     def buatTombol(self):
  58.         self.tombol = Button(self, text="pilih warna", command=self.pilihWarna)
  59.         self.tombol.place(x=30, y=30)

  60.     def pilihWarna(self):
  61.         colorchooser.askcolor()

  62. if __name__ == '__main__':
  63.     root = Tk()
  64.     ex = pemilihWarna(root)
  65.     root.mainloop()
  66. tampilan :

  67. memanfaatkan dialog color chooser atau pemilih warna

  68. sintax :
  69. from tkinter import Tk, Frame, Button, BOTH, SUNKEN, colorchooser

    class pemilihWarna(Frame):
        def __init__(self, parent):
            Frame.__init__(self, parent)

            self.window = parent
            self.initUI()

        def initUI(self):
            self.window.title("pemilih warna")
            self.window.geometry("300x150")
            self.pack(fill=BOTH, expand=1)

            self.buatTombol()
            self.buatTempatWarna()

        def buatTombol(self):
            self.tombol = Button(self, text="pilih warna", command=self.pilihWarna)
            self.tombol.place(x=30, y=30)

        def buatTempatWarna(self):
            self.tempatWarna = Frame(self, border=1,relief=SUNKEN, width=100, height=100)
            self.tempatWarna.place(x=160, y=30)

        def pilihWarna(self):
            (rgb, hx) = colorchooser.askcolor()
            self.tempatWarna.config(bg=hx)

    if __name__ == '__main__':
        root = Tk()
        ex = pemilihWarna(root)
        root.mainloop()
  70. tampilan:
  71. Jadi, pada screenshoot no. 1 merupakan tampilan yang akan tampil pertama kali saat code program di atas dijalankan.. 
  72. Dan pada screenshoot no. 2 dimana pemilih warna atau color chooser akan tampil.. Disinilah akan memilih warna. Setelah itu klik “ok”
  73. Dan yang terakhir adalah screenshoot no. 3 dimana warna frame nya sudah berubah menjadi warna yang sudah dipilih sebelumnya tadi.

  74. 3. Membuka file atau menampilkan pemilih/pembuka file.
  75. sintax :
  76. from tkinter import Frame, Tk, BOTH, Text, Menu, END, filedialog

  77. class MembukaFile(Frame):
  78.     def __init__(self, parent):
  79.         Frame.__init__(self, parent)
  80.         self.window = parent
  81.         self.initUI()

  82.     def initUI(self):
  83.         self.window.title("File dialog")
  84.         self.pack(fill=BOTH, expand=1)
  85.         self.window.geometry("300x250")

  86.         self.buatMenubar()

  87.     def buatMenubar(self):
  88.         menubar = Menu(self.window)
  89.         self.window.config(menu=menubar)

  90.         fileMenu = Menu(menubar)
  91.         fileMenu.add_command(label="Open", command=self.bukaFile)
  92.         menubar.add_cascade(label="File", menu=fileMenu)


  93.     def bukaFile(self):
  94.         tipeFile = [('Python files', '*.py'), ('All files', '*')]
  95.         bukaFile = filedialog.Open(self, filetypes=tipeFile)
  96.         isiFile = bukaFile.show()

  97. if __name__ == '__main__':
  98.     root = Tk()
  99.     ex = MembukaFile(root)
  100.     root.mainloop()

  101. tampilan:
  102. yang no. 1 merupakan screenshoot dari window yang pertama kali muncul ketika program di atas dijalankan..
  103. Dan screenshoot ke 2 merupakah tampilan yang dihasilkan ketika menekan tombol menu “file” dan meng klik submenu “open”. Pada screenshoot no. 2 terlihat ya di sana dapat memilih file yang ingin dibuka.

  104. memproses file yang sudah kita pilih pada file chooser

  105. sintax :
  106. from tkinter import Frame, Tk, BOTH, Text, Menu, END, filedialog

    class MembukaFile(Frame):
        def __init__(self, parent):
            Frame.__init__(self, parent)
            self.window = parent
            self.initUI()

        def initUI(self):
            self.window.title("File dialog")
            self.pack(fill=BOTH, expand=1)
            self.window.geometry("300x250")

            self.buatMenubar()
            self.buatTempatText()

        def buatMenubar(self):
            menubar = Menu(self.window)
            self.window.config(menu=menubar)

            fileMenu = Menu(menubar)
            fileMenu.add_command(label="Open", command=self.bukaFile)
            menubar.add_cascade(label="File", menu=fileMenu)

        def buatTempatText(self):
            self.txt = Text(self)
            self.txt.pack(fill=BOTH, expand=1)

        def bukaFile(self):
            tipeFile = [('Python files', '*.py'), ('All files', '*')]
            bukaFile = filedialog.Open(self, filetypes=tipeFile)
            isiFile = bukaFile.show()

            if isiFile != '':
                teks = self.bacaFile(isiFile)
                self.txt.insert(END, teks)

        def bacaFile(self, namaFile):
            f = open(namaFile, "r")
            teks = f.read()
            return teks

    if __name__ == '__main__':
        root = Tk()
        ex = MembukaFile(root)
        root.mainloop()

  107. tampilan :
  108. 1.tampilan atau screenshoot no. 1 merupakan tampilan yang akan di hasilkan pertama kali ketika code program di atas dijalankan...
    2.Dan screenshoot no. 2 merupakan screenshoot yang dihasilkan ketika mengklik menu “file” dan mengklik “open”. Dan disinilah dapat memilih file yang akan dibuka..
    3.Dan screenshoot no. 3 merupakan tampilan yang dihasilkan ketika sudah membuka sebuah file teks. Dimana akan tampil teks yang ada di dalam file yang sudah dipilih tadi 

Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...