Sunday, September 1, 2019

Aplikasi Running Text Java Netbeans

Cara Membuat Aplikasi Running Text Java

Running text adalah teks yang berjalan atau bergerak baik vertikal maupun horizontal. jika dalam web bisa dengan mudah membuatnya dengan marque, nah bagaimana jika ingin memasangnya di dalam aplikasi program java  ?

Di aplikasi java , JLabel tidak memiliki method untuk membuat running text, akan tetapi hal ini bisa dilakukan dengan cara menggeser karakter - karakter teks pada JLabel secara periodik namun cepat sehingga teks seolah -olah bergerak. untuk lebih jelasnya langsung saja ke contoh program sederhananya :

1. Buatlah sebuah project Java Aplication dengan cara klik File > New Project > Java > Java Aplication.

2. Ubah nama project menjadi RunningTextApp.


3. Sekarang buatlah sebuah class baru dengan cara klik kanan pada project anda >  New > Java Class

4. Berinama class tersebut RunningTextActionListener. kemudian masukan script berikut :

?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package runningtextapp;
 
import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;
import javax.swing.JLabel;
 
/**
 *
 * @author Jin Toples
 */
public class RunningTextActionListener implements ActionListener {
    JLabel label;
     
    public RunningTextActionListener(JLabel label){
        this.label = label;
    }
     
    public void actionPerformed(ActionEvent e){
        String oldText = label.getText();
        String newText = oldText.substring(1)+oldText.substring(0, 1);
        label.setText(newText);
    }
}

Penjelasan :

RunningTextActionListener adlah listener yang akan menggerakan teks, Teks pada JLabel digeser dengan cara karakter terdepan di pindahkan ke akhir teks. dengan cara ini, teks seolah -olah berjalan dari kanan ke kiri.
5. Sekarang buatlah sebuah class baru dengan cara klik kanan pada project anda >  New > Java Class

6. Berinama class tersebut RunningTextMouseAdapter. kemudian masukan script berikut :

?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package runningtextapp;
 
import java.awt.event.MouseAdapter;
import java.awt.event.MouseEvent;
import javax.swing.Timer;
 
/**
 *
 * @author Jin Toples
 */
public class RunningTextMouseAdapter extends MouseAdapter {
    Timer timer;
     
    public RunningTextMouseAdapter(Timer timer){
        this.timer = timer;
    }
     
    public void mouseEntered(MouseEvent e){
        timer.stop();
    }
     
   public void mouseExited(MouseEvent e){
       timer.start();
   }
}

Penjelasan :

RunningTextMouseAdapter adalah MouseListener yang akan mendeteksi posisi Mouse, Listener RunningTextActionListener yang dibuat sebelumnya akan di aktifkan dengan timer. Ketika mouse berada di atas teks JLabel maka timer akan berhenti sehingga teks juga berhenti dan ketika mouse tidak ada di atas teks JLabel maka timer akan berjalan dan teks akan bergerak.

7. Sekarang buatlah sebuah class baru dengan cara klik kanan pada project anda >  New > Java Class

8. Berinama class tersebut FormUtama. kemudian masukan script berikut :

?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package runningtextapp;
 
import java.awt.BorderLayout;
import javax.swing.Timer;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JLabel;
 
/**
 *
 * @author Jin Toples
 */
public class FormUtama extends JFrame {
    JLabel label;
    Timer timer;
     
    public FormUtama(){
        super("Running Text");
        initComponents();
        enableRunningText();
    }
 
    private void initComponents() {
        label = new JLabel(" >> Ini adalah teks yang berjalan kerna dia sedang ingin berjalan :p <<");
        getContentPane().add(label, BorderLayout.CENTER);
        pack();
        setVisible(true);
        setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    }
 
    private void enableRunningText() {
        timer = new Timer(100, new RunningTextActionListener(label));
        label.addMouseListener(new RunningTextMouseAdapter(timer));
        timer.start();
    }
}

Penjelasan :

Lihat pada method enableRunningText(). RunningtextActionListener yang menggerakan teks akan diaktifkan dengan Timer. Timer ini diatur nilainya 100 yang artinya teks pada JLabel akan bergerak setiap 100ms atau 0.1 detik.

9. Sekarang buka file RunningTextApp.java. kemudian ketikan script berikut :

?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package runningtextapp;
 
/**
 *
 * @author Jin Toples
 */
public class RunningTextApp {
 
    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        new FormUtama();
    }
}

Sekarang label teks akan berjalan ketika mouse tidak ada di atasnya sedangkan ketika mouse ada di atasnya maka ia akan berhenti, untuk mencobanya dapat jalannya program dengan cara tekan F6 pada keyboard atau klik Run > Run Poject. atau klik kanan pada file RunningTextApp klin Run File. 

Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...