Saturday, July 9, 2022

Remote OS Raspberry Pi dengan SSH


Secure Shell (SSH) adalah protokol jaringan kriptografi yang digunakan untuk koneksi aman antara klien dan server. Dalam versi terbaru dari Raspbian, akses SSH dinonaktifkan secara default tetapi dapat dengan mudah diaktifkan.

Untuk mengaktifkan SSH pada Raspberry Pi OS mudah hanya dengan menempatkan file kosong bernama ssh (tanpa ekstensi apa pun) ke dalam partisi boot, jika memiliki  layar HDMI atau keyboard.


Aktifkan SSH di Raspberry Pi Tanpa Monitor

Untuk mengaktifkan SSH pada Raspberry Pi, lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Matikan Raspberry Pi dan lepaskan SD card.
  2. Lalu colok SD card ke card reader komputer/laptop.  SD card akan mounted secara otomatis.
  3. Arahkan ke direktori booting di SD card menggunakan manajer file OS. Pengguna Linux dan macOS juga dapat melakukan ini dari baris perintah.
  4. Buat file kosong baru bernama ssh, tanpa ekstensi apa pun, di dalam direktori boot.
  5. Cabut SD card dari komputer/laptop, lalu masukkan ke Raspberry Pi.
  6. Hidupkan board Pi. Pada saat boot Pi akan memeriksa apakah file ini ada dan jika ada, SSH akan diaktifkan dan file tersebut dihapus.

Setelah Raspberry Pi melakukan booting, maka akan masuk melalui SSH ke dalamnya.

Aktifkan SSH di Raspberry Pi

Jika monitor HDMI yang terhubung ke Raspberry Pi, dapat mengaktifkan SSH secara manual dari GUI desktop maupun dari terminal.

Mengaktifkan SSH dari GUI

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka jendela “Raspberry Pi Configuration” dari menu “Preferences”.
  2. Klik pada tab “Interfaces”.
  3. Pilih “Enable” di sebelah baris SSH.
  4. Klik “OK”

Mengaktifkan SSH dari terminal

  1. Buka terminal gunakan keyboard  Ctrl+Alt+T atau klik ikon terminal dan buka file raspi-config , ketik: raspi-config
  2. Arahkan ke “Interfacing Options” menggunakan panah naik atau turun lalutekan Enter.
  3. Arahkan ke “SSH” dan tekan Enter.
  4. Pada tahap ini akan ditanya apakah ingin mengaktifkan SSH server. Pilih “Yes” lalu tekan Enter.
  5. Selanjutnya akan dimemberi tahu bahwa SSH server sudah diaktifkan. lalu tekan Enter untuk kembali ke menu utama dan pilih “Finish” untuk menutup dialog raspi-config.

Atau, menggunakan file raspi-config,  cukup mengaktifkan layanan ssh dengan systemctl:

sudo systemctl enable ssh dan sudo systemctl start ssh

Cara Terhubung ke Raspberry Pi melalui SSH

Untuk terhubung ke Pi melalui SSH, harus mengetahui IP Raspberry Pi. Jika menjalankan Pi tanpa monitor, untuk menemukan IP di tabel DHCP lease router. Jika memiliki monitor yang terhubung, gunakan perintah ip untuk menentukan alamat IP dari Raspberry Pi: ip addr

Setelah mengetahui IP,  untuk terhubung ke Raspberry Pi dari komputer/laptop , Pengguna Windows dapat menggunakan klien SSH seperti PuttyPengguna Linux dan macOS memiliki klien SSH terinstal secara default, dan dapat SSH ke Pi dengan mengetik: ssh pi@alamat_ip_raspberry

Ubah alamat_ip_raspberry dengan IP dari board pi. Jika belum mengubah,  user “pi“, dan password default adalah raspberry.

Saat pertama terhubung melalui SSH, maka akan diminta untuk menerima RSA key fingerprint, Ketikkan “yes” untuk melanjutkan. Setelah masuk ke Raspberry Pi, maka akan diperlihatkan tampilan seperti dibawah :

Jika ingin mengekspos Device Pi ke Internet, ada baiknya menerapkan beberapa langkah keamanan. Secara default, SSH menggunakan pada port 22. Dengan mengubah port SSH default, hal ini bisa menambah keamanan dan mengurangi resiko dari gangguan luar atau yang tidak bertangung jawab.

Friday, July 8, 2022

Integrasikan OnlyOffice dengan Nextcloud

 

OnlyOffice adalah Office Suite atau Paket Aplikasi Perkantoran open source yang dikembangkan oleh Ascensio System SIA.  OnlyOffice merupakah aplikasi multi platform berbasis desktop, online atau web, dan mobile.

  1. Install Docker,  gunakan sintax :
tampilan saat run onlyoffice document server, butuh koneksi internet untuk mengunduh

Document Server berhasil running


Melakukan enable Nextcloud ONLYOFFICE integration app

2. Klik icon user/admin di pojok kanan atas, pilih menu Aplikasi


2. Pilih menu OnlyOffice 


OnlyOffice Document Editor

OnlyOffice Spreadsheet Editor
OnlyOffice Presentation Editor

Pengenalan & Pengertian Cloud Storage

 

Dengan semakin bertambah canggih teknologi serta perkembangan internet yang terus berkembang dengan cepat, maka muncullah alternatif penyimpanan baru bernama Cloud storage. Media penyimpanan jenis cloud storage tergolong simple dan menarik, namun cloud storage sangat membutuhkan jaringan internet yang bagus atau stabil untuk bisa mengakses data simpanan.Cloud storage menawarkan banyak sekali kelebihan yang akan sangat menguntungkan untuk pemakainya.

Cloud Storage merupakan salah satu media penyimpanan file secara online atau digital, dimana penyimpanan ini mengandalkan adanya koneksi internet untuk mengakses data simpanannya. Cloud Storage merupakan terobosan terbaru dalam dunia penyimpanan data atau storage yang menawarkan banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan media simpanan offline jenis hardisk dan flashdisk.

Di era modern ini, penyimpanan jenis Cloud storage lebih banyak dipakai dan diminati, karena beberapa alasan adalah:

  • Tidak perlu khawatir file yang disimpan akan terkena virus yang menyebabkan kerusakan data file.
  • Keamanan data akan terjamin dan tidak akan hilang karena seluruh data disimpan ke dalam server.
  • Data yang tersimpan bisa diakses kapanpun dan dimanapun
  • Media akses bisa melalui perangkat seluler atau gadget,  yang penting terkoneksi dengan internet.

Layanan penyimpanan data jenis Cloud storage sangat membantu dan menarik, karena bisa didapatkan secara free/gratis dengan kapasitas yang sudah ditentukan. Namun jika menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar, bisa membeli layanan penyimpanan sesuai kebutuhan.

Berikut adalah beberapa media menyimpan cloud Storage yang bisa didapatkan dengan tanpa biaya ( free ):

  • Google Drive
  • I Cloud
  • OneDrive
  • Dropbox

Layanan Cloud Storage yang berbayar meliputi:

  • Amazon cloud player
  • Amazon Cloud Drive
  • Apple iClouds
  • Apple iTunes Match
  • Bitcasa
  • Box
  • Certainsafe
  • Cubby
  • Cz
  • Dropbox
  • Idrive
  • Skydrive
  • MiMedia
  • Mozy
  • SafeSync for home

Cloud storage media penyimpanan online, dilakukan dengan mengirim salinan file ke hosting/penyedia layanan cloud yaitu dengan adanya jaringan internet. Kemudian, cloud storage akan memberikan tahapan-tahapan serta akses agar bisa mendownload file yang telah simpan. Jenis media penyimpanan Cloud storage tidak memerlukan pengaturan yang sulit karena semua pengaturan sudah otomatis terpasang pada media internet. Seperti saat menyimpan pada Cloud storage di Google Drive, OneDrive Microsoft, iCloud Apple.

Cloud storage diartikan dari dua kata penyusun yaitu cloud dan storage. Bahasa Indonesia, pengertian cloud ini adalah awan. Awan adalah kata perumpamaan dari internet. Diumpakan internet adalah awan yang luas yang mampu menyimpan dan menampung berbagai hal, seperti informasi dan program tertentu yang bisa membantu dan dimanfaatkan dimana dan kapan saja.

Storage adalah sebuah media penyimpanan yang bisa menyimpan berbagai data dan file digital. Mulai data tertulis, audio, video visual, hingga program dan aplikasi digital lainnya. Teknologi cloud storage adalah merupakan layanan pengembangan dari sistem komputasi awan yang disebut dengan cloud computing yang menjadi dasar adanya cloud storage. Penerapan teknologi cloud computing tersebutlah yang selanjutnya membuat penyedia layanan cloud storage membangun media penyimpanan secara online. Cloud computing, sejarah bermulanya membutuhkan waktu yang cukup panjang. Teknologi dikenalkan oleh John Mc Carthy, seorang insinyur teknik komputer dari MIT pada sekitar tahun 1960 an. John mulai mengenalkan penyimpanan online ini pada perusahaan e-commerce Amazon pada tahun 2000. Amazon menjadi salah satu pelopor penggunaan sistem cloud storage dengan menjadi penjembatan dari semua layanan e-commerce yang dimiliki,  kemudian dimasukan dalam layanan Amazon Web Service.

Cloud Storage dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah :

  1. Personal Cloud Storage: Adalah jenis mobile cloud storage yang digunakan untuk menyimpan data perorangan, dan penyedia layanan tersebut menyediakan akses data dimanapun berada. Contoh Apple iCloud, Google Drive, OneDrive.
  2. Private Cloud Storage: Adalah bentuk penyimpanan awan perusahaan dengan penyedia layanan cloud yang terintegrasi dalam pusat data perusahaan
  3. Public Cloud Storage: Merupakan perusahaan penyedia layanan penyimpanan Cloud storage yang mengatur keseluruhan data perusahaan pada Cloud, seperti Simple Storage Service yang disebut S3.
  4. Hybrid Cloud Storage: Jenis penyimpanan ini adalah kombinasi dari private dan public cloud storage, dimana data-data penting disimpan dalam penyimpanan perusahaan, sedangkan data lain atau arsip-arsip perusahaan disimpan dalam publik storage yang bisa diakses pada penyedia layanan cloud.

Keuntungan dan kekurangan Cloud Storage adalah : 

  • Mendapat berbagai kemudahan dalam melakukan akses data yang disimpan.
  • Tersedianya layanan cadangan dan pengarsipan data, plus biaya yang lebih murah dibandingkan dengan membeli perangkat keras untuk penyimpanan data secara offline.
  • Ada Cloud storage yang tidak dipungut biaya, sehingga bisa menghemat budget.
  • Media penyimpanan yang ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah dengan tidak menggunakan perangkat.
  • Sifatnya adalah remote maka diperlukan jaringan internet untuk mengakses, sehingga pemakai Cloud storage bergantung oleh bandwidth yang tersedia dan saat proses sharing data jelas akan terputus jika tiba-tiba koneksi internet lambat atau tidak stabil.
Dengan layanan gratis, mudah dan banyak keuntungan bisa menjadi pertimbangan untuk menggunakan Cloud Storage yang dapat mengakses data tersimpan dimanapun dan kapanpun.

Membuat Cloud Storage di Server dengan Nextcloud

 

Cloud Storage adalah teknologi penyimpanan data digital di Cloud. Cloud boleh diumpakan sebagai internet, diman untuk menyimpan data tanpa membutuhkan perangkat penyimpanan fisik seperti flashdisk, Harddisk, CD, DVD dan lain-lain. Seperti penyedia layanan Cloud Storage yang umum digunakan adalah Dropbox, Google Drive (Google), iCloud (Apple), OneDrive (Microsoft). 

Nextcloud adalah software gratis yang dapat di unduh dan di install sebagai layanan Cloud Storage di server pribadi. Nextcloud ditulis dengan bahasa PHP dan Javascript. informasi dan repository Nextcloud ada dibawah ini.

Sebelum memulai pemasangan atau instalasi Nextcloud, perlu mempersiapkan :

Instalasi Nextcloud 

Langkah-langkah instalasi Nextcloud di server:

1. Aktifkan Apache dan MySQL,  bisa dengan menggunakan XAMPP atau LAMPP, buka terminal baru

sudo su
cd /opt/lampp
./manager-linux-x64.run

Start Apache dan MySQL

2. Tutup xampp, lalu kembali ke terminal menuju folder htdocs

cd /opt/lampp/htdocs

3. Download Nextcloud di website resminya, dalam bentuk .zip


4. extrak file .zip yang didownload

unzip nextcloud-14.0.3.zip

5. ubah permission folder nextcloud agar bisa diinstal melalui browser, dengan perintah ini

cd opt/lampp/htdocs/nextcloud
mkdir data
chmod 750 data
chown daemon:daemon data/
chown daemon:daemon apps/
chown daemon:daemon config/
chown daemon:daemon updater/

6. buka browser dengan url : http://localhost/nextcloud/

kalau tampil seperti ini berarti file sudah di ekstrak

7. buka tab baru, ke http://localhost/phpmyadmin/ untuk membuat database baru

beri nama: nextcloud_db


8. kembali ke halaman nextcloud http://localhost/nextcloud/

isi username dan password baru


9. 
untuk Penyimpanan dan basis data pengaturan adalah :

Folder data biarkan default
pilih konfigurasi basis data yang MySQL/MariaDB
tulis juga username, password, nama database, dan alamat host anda


10. 
Tekan tombol Selesaikan Instalasi yang berada di bawah

11. Tunggu prosesnya sekitar 1–5 menit, jika sudah akan tampil seperti

Pada tahap ini nextcloud sudah terinstall di server.


Menguji Coba atau Menjalankan NextCloud

1. Buat user baru, yang nantinya akan mengakses dari komputer/laptop klien pakai user itu



2. 
periksa ip address server pakai terminal ketik : ifconfig

Tampilan dari ifconfig

3. 
Copy ip address, setelah itu
 ketik perintah ini untuk mengedit konfigurasi

gedit /opt/lampp/htdocs/nextcloud/config/config.php

pada bagian trusted domain, tambahkan ip addres yang diperlihatkan diatas, catat sehingga jadi seperti ini

'trusted_domains' =>
array (
0 => 'localhost',
1 => '192.168.1.10',
),

setelah itu simpan lalu tutup jendela gedit

4.  Kemudian bisa akses cloud storage dari komputer/laptop manapun pada jaringan yang sama pakai url ini : http://192.168.1.10/nextcloud

5. Coba gunakan komputer/laptop klien windows


6. 
masukkan username dan password yang barusan dibuat lalu login


7. Setelah berhasil masuk nextcloud, user bisa menambahkan berkas apa saja (dokumen, gambar, video, script, dll.) ke dalam cloud storage tersebut. Nextcloud yang ter-install sudah hampir seperti google drive, Onedrive, iCloud, jika dibuat menjadi public.

Thursday, July 7, 2022

Cara Daftar Free Microsoft Azure

 



Microsoft Azure adalah rangkaian layanan Cloud Computing yang terus berkembang untuk membantu organisasi menghadapi tantangan bisnis. Microsoft Azure dibebasan untuk membangun, mengelola, dan menyebarkan Perangkat Lunak pada jaringan global yang masif menggunakan Tools Favorite dan Frameworks. Untuk mendapatkan akses Microsoft Azure, diharuskan mendaftar lebih dulu, dan syarat pendaftaran menggunakan kartu kredit.  Kartu kredit yang dapat digunkan yaitu m-Card, e-Card, dan x-Card

Berikut  langkah-langkah Daftar Gratis Microsoft Azure adalah :
  1. Siapkan Kartu kredit yang sudah terverifikasi dan memiliki saldo awal yang cukup.
    • Kartu jenis m-Card dan e-Card.
    • Microsoft akan memotong saldo kita sebesar 10 ribu rupiah dan sesaat kemudian akan dikembalikan lagi ke saldo.
  1. Buka Microsoft Azure dengan alamat https://azure.microsoft.com/
    • Tekan Start Free
    • Login menggunakan microsoft akun, jika belum memiliki silahkan pilih create one, tapi jika sudah memiki microsoft akun langsung login
Daftar Gratis Microsoft Azure dengan Kartu Jenius

Setelah masuk proses pendaftaran, ada tiga jenis data yang harus diisi. Pertama adalah identitas diri (nama dan alamat), yang kedua adalah identitas nomer telp/HP dan yang ketiga adalah identitas kartu kredit.

Daftar Gratis Microsoft Azure dengan Kartu Jenius
  1. Jika sudah diisikan data mulai dari data 1, data 2 dan data ke-3 maka opsi persetujuan langganan akan diberikan sehingga bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Centang I agree. Selanjutnya tekan Sign up.
Daftar Gratis Microsoft Azure dengan Kartu Jenius
  1. Tunggu sesaat dan selesai
Daftar Gratis Microsoft Azure dengan Kartu Jenius

Silahkan tekan Go to the portal, untuk lihat-lihat menu dan isi apa yang ada di Microsift Azure. Berikutnya pastikan seberapa besar kredit yang diberikan untuk mencoba Microsoft Azure ini. Jika dilihat dari promo banner iklannya, pengguna akan diberikan kredit sebesar 200 USD untuk eksplore Azure selama 30 hari, 12 bulan layanan populer gratis dan lebih dari 25 layanan lainnya. Buka sidebar kiri dan tekan Cost Managemen + Billing, selanjunya tekan Free trial pada, maka muncul seperti ini :

Daftar Gratis Microsoft Azure dengan Kartu Jenius

pada subskribsi terlihat nominal kredit/Saldo, gambar di atas ditunjukkan bahwa saldo diberikan pada kita sebesar 3,13 juta rupiah yang setara dengan 200 USD walaupun tidak persis sama.

Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...