Sunday, November 27, 2022

Goods Receipt Pada Openbravo

 


Membuat Receipts 

Untuk membuat Goods Receipts di OpenBravo klik-ganda pada Procrement Management --> Goods Receipt. Goods Receipt mendefinisikan Penerimaan suatu produk atau Material dari suatu vendor. Receipt mungkin secara manual dimasukkan atau mungkin diturunkan dari suatu Purchase Order atau Invoice vendor. Tab Goods Receipt mengijinkan untuk menghasilkan, memelihara, memasukkan dan memproses Receipt dari vendor. Bidang Order Reference mengijinkan untuk memasukkan suatu nomor referensi. Jenis Dokumen dianggap default. Ini menentukan urutan dokumen tersebut dan memproses aturan.

Pilih Business Partner dengan meng-klik pada Icon Di dalam Bidang Business Partner. Window info Business Partner akan muncul. Tekan Return atau masukkan wildcard "%" untuk menampilkan semua atau suatu subset dari Business Partner:

Centang Cek-box Vendor only untuk menampilkan hanya vendor saja. Jika tidak dicentang, semua Business Partner nampak. Pilih vendor yang diinginkan dengan klik-ganda pada baris yang sesuai untuk memasukkan vendor tersebut ke dalam Bidang Business Partner Di dalam window Goods Receipt. Alamat Partner dan User/Contact (jika ada) akan diisi secara otomatis.

Aturan Freight Cost (biaya pengiriman) mengindikasikan metoda tersebut digunakan ketika menagih biaya pengiriman.


Goods Receipt Line

Untuk memasukkan lines Receipt secara manual, masuk kedalam pada tab lines, dan klik pada Tombol New Record: Pilih suatu Produk dengan meng-klik pada Icon Di dalam Bidang Produk. Tekan Return Di dalam window Product Info Yang muncul, untuk menampilkan semua daftar produk. klik-ganda pada Produk yang diinginkan untuk memasukkannya ke dalam bidang produk yang akan di receipt.

Jika Produk yang dipilih didefinisikan sebagai mempunyai Attribute Set Instance, dapat mendefinisikannya pada saat ini. Pilih Tombol atribut set instance dan dialog berikut akan ditampilkan.

Hal yang perlu dicatat adalah, dalam membuat Material Receipt tidak harus membuat PO, sehingga apabila prosedur ini di ijinkan maka gudang bisa menerima barang tanpa harus ada PO. Namun hal ini tentu harus mengacu kepada policy perusahaan, beberapa perusahaan di Indonesia terutama UKM banyak menerapkan hal ini, karena misalnya membeli barangnya dari pasar, toko, dan lain lain (yang notabene tanpa PO).


Baca juga artikel yang berkaitan :


Install ERP Compiere

 


Berikut adalah cara install ERP Compiere 

1. Persiapan yang diperlukan

1.1. Download Java JDK 5 

Unzip Java JDK 5 ke suatu folder (contoh: C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_15)

1.2. Download Compiere 3

Unzip Compiere 3 ke root folder (C:). folder Compiere yang diekstrak adalah Compiere 2 (C:\Compiere 2). Untuk penamaan ini, Compiere 3 masih menggunakan Compiere 2 sebagai nama folder. Hal ini dikarenakan environment script yang digunakan masih menggunakan script untuk versi 2.

1.3.  Oracle XE  ( baca : Instalasi Database Oracle XE Pada Windows )

 

2. Setting Environtment

2.1. Buka environment variable window dengan cara klik kanan My Computer, lalu pilih properties.


2.2. Klik Advance dan pilih Environment Variables. Klik New, di System Variables.


2.3. Untuk Variable Name isi dengan JAVA_HOME dan Variable Value dengan url dari Java JDK yang telah diekstrak (contoh: C:\Program Files\Java\jdk1.5.0_15)

Klik New, di System Variables.

2.4. Untuk Variable Name isi dengan COMPIERE_HOME dan Variable Value dengan url dari Compiere yang telah diekstrak (contoh: C:\Compiere 2)

Klik OK lalu Apply .



3. Instalasi Compiere

3.1. Buka C:/Compiere 2, Klik Run_Setup.bat (Run_Setup.sh untuk Linux)

Secara default port web menggunakan 80. Apabila menggunakan Oracle XE, kemungkinkan akan bentrok dikarenakan Oracle XE menggunakan port 80, untuk mengatasi masalah tersebut maka set Compiere untuk menggunakan port 8081.

Isi field-field yang ada. Khusus untuk field Server isikan dengan nama komputer yang digunakan. Pilih database yang digunakan. Untuk System Password masukkan password system dari database sementara Database User adalah nama database dari Compiere yang akan diinstall dan password adalah password yang akan digunakan.

Klik Test untuk menguji keabsahan nilai yang dimasukkan. Apabila sudah, klik Save untuk melanjutkan instalasi.



3.2. License Agreement akan muncul di layar. Klik Ok 



3.3.  Klik Start Server Install



3.4. Klik Start Create New Database.



3.5. Tunggu sampai selesai instalasi selesai.


3.6. Tampilan Login Compiere :



Selanjutnya baca : Implementasi Pada Compiere

Install ERP Odoo versi 14 Pada Ubuntu Server 20.04

 


ERP Odoo 14 merupakan aplikasi open source alternatif dari SAP ERP, Oracle E-Business Suite, Microsoft Dynamics, Netsuite, Adempiere, Compiere, OFBiz, Openbravo, dan software enterprise resource planning lainnya. 

Berikut adalah cara install ERP Odoo 14 di Ubuntu 20.04.

1. Update server

$ sudo apt update && sudo apt dist-upgrade

Kemudian reboot server : $ sudo reboot

2. Install  All Componen Support

2.1. Tambahan lokasi Indonesia configure locale untuk Indonesia

$ sudo locale-gen id_ID.UTF-8

$ sudo dpkg-reconfigure locales

Catatan : Jika tidak support maka lalukan install aplikasi pendukung

2.2. Install aplikasi pendukung

$ sudo apt install git python3-pip build-essential wget python3-dev python3-venv python3-wheel libfreetype6-dev libxml2-dev libzip-dev libldap2-dev libsasl2-dev python3-setuptools node-less libjpeg-dev zlib1g-dev libpq-dev libxslt1-dev libldap2-dev libtiff5-dev libjpeg8-dev libopenjp2-7-dev liblcms2-dev libwebp-dev libharfbuzz-dev libfribidi-dev libxcb1-dev python3-pypdf2 python3-babel python3-werkzeug python3-lxml python3-decorator python3-polib python3-pil python3-psycopg2 python3-dateutil python3-psutil python3-reportlab python3-html2text python3-docutils python3-num2words sassc

$ sudo pip install pypdf passlib

2.3. Install wkhtmltopdf untuk keperluan print ke pdf:

$ sudo apt install fontconfig fontconfig-config fonts-dejavu-core libfontconfig1 libfontenc1 libxrender1 x11-common xfonts-75dpi xfonts-base xfonts-encodings xfonts-utils

$ sudo wget https://github.com/wkhtmltopdf/packaging/releases/download/0.12.6-1/wkhtmltox_0.12.6-1.bionic_amd64.deb

$ sudo dpkg -i wkhtmltox_0.12.6-1.bionic_amd64.deb

2.4. kemudian setelah download wkhtmltx

$ sudo cp /usr/local/bin/wkhtmltopdf /usr/bin

$ sudo cp /usr/local/bin/wkhtmltoimage /usr/bin

Catatan : 

Estimasi waktu install tergantung kecepatan internet. 


3. Buat akun baru untuk user Odoo 14

$ sudo useradd -m -d /opt/odoo14 -U -r -s /bin/bash odoo14

4. Install Postgresql dan buat akun user Odoo 14 untuk Postgresql

$ sudo apt install postgresql

$ sudo su - postgres -c "createuser -s odoo14"

5. Download Odoo 14 dari sumber repository

$ sudo apt install git

$ sudo su - odoo14 -s /bin/bash

$ git clone https://www.github.com/odoo/odoo --depth 1 --branch 14.0 /opt/odoo14/odoo

Catatan : Estimasi waktu install tergantung kecepatan internet.

6. Konfigurasi  parameter Odoo 14

Setelah proses checkout selesai, diperlukan membuat sebuah file konfigurasi Odoo 14 dengan,

$ cd odoo

$ ./odoo-bin --addons-path=addons -s

Kemudian tekan tombol CTRL+C

Perintah di atas akan membuat sebuah file konfigurasi dengan nama file .odoorc kemudian salin file tersebut ke direktori /etc/

$ exit

$ sudo mv /opt/odoo14/.odoorc /etc/odoo14-server.conf

Kemudian edit file tersebut dengan parameter sesuai dengan kebutuhan.

$ sudo nano /etc/odoo14-server.conf

Parameter yang diganti:

logfile = /var/log/odoo/odoo14-server.log

addons_path = /opt/odoo14/odoo/addons


Buat folder baru untuk penyimpan file log

$ sudo mkdir /var/log/odoo

$ sudo chown odoo14:root /var/log/odoo


7. Membuat Odoo sebagai service

$ sudo cp /opt/odoo14/odoo/debian/init /etc/init.d/odoo14

$ sudo nano /etc/init.d/odoo14

Ubah

DAEMON=/usr/bin/odoo.py

CONFIG=/etc/odoo/odoo.conf

menjadi

...

DAEMON=/opt/odoo14/odoo/odoo-bin

NAME=odoo14

DESC=odoo14

CONFIG=/etc/odoo14-server.conf

LOGFILE=/var/log/odoo/odoo14-server.log

PIDFILE=/var/run/${NAME}.pid

USER=odoo14

...

Kemudian simpan file dan keluar. 

Setelah itu ubah hak aksesnya agar bisa di eksekusi,

sudo chmod 755 /etc/init.d/odoo14


8. Menjadikan Odoo 14 sebagai Service

sudo update-rc.d odoo14 defaults

Restart server

sudo reboot


9. Ujicoba Odoo 14 melalui browser

Buka Odoo 14 melalui browser http://alamatip:8069

contoh : http://192.168.1.200:8069

Default Master password : admin (ubah lah segera untuk keamanan)


Untuk lebih mempelajari modul Odoo bisa baca :


Membuat Entry Form Menggunakan Odoo ERP Studio - III

 

Sebelum melanjutkan, maka baca dahulu : Membuat Entry Form Menggunakan Odoo ERP Studio - II  sebelum melanjutkan pada tutorial ini


18. Close Studio dan Create Secure Place, klik close


Selanjutnya ke Create Secure Place.

19. Pengisian Secure Place


Tampak pengisian Type of Place.


Lanjutkan ke pengisian tab Facilities.


Kemudian pengisian tab Description.


Selanjutnya pengisian tab Security Team kemudian melakukan Create and Edit sebuah Contact.


Buat Contact baru kemudian klik Save.


Lanjutkan dengan memasukkan gambar. Tampak Phone langsung terisi secara otomatis sesuai dengan relationnya.


20. View Secure Place



Lanjutkan ke Places.


Tampak muncul record  dan detail dari record yang baru dibuat.


Membuat Entry Form Menggunakan Odoo ERP Studio - II

 


Sebelum melanjutkan, maka baca dahulu : Membuat Entry Form Menggunakan Odoo ERP Studio - I  sebelum melanjutkan pada tutorial ini

11. Remove kolom 1 dan kolom 2


Pada tab ke dua ini tidak menggunakan kolom jadi melakukan REMOVE FROM VIEW.


Lakukan konfirmasi mengenai penghapusan kolom 1.


12. Menambahkan html


Kemudian menambahkan Html pada tab Description. beri nama Description pada Html ini.


13. Menambahkan tab ke 3


Selanjutnya dengan menambahkan tab ke 3. berikan nama Security Team pada tab ke 3.


14. Menambahkan komponen Many2one


Tambahkan komponen Many2one pada tab Security Team.


Pilih Contact pada Relation.


Selanjutnya dengan Confirm. kemudian memberi nama Security Company untuk Many2one Contact ini.


15 Menambahkan komponen related field


Selanjutnya tambahkan komponen Related Field pada tab Security Team.


Pilih Security Company. melanjutkan pilih Phone.



Selanjutnya Confirm pada related field.


Kemudian memilih phone pada Widget.


Tampak tampilan pada Security Team pada Studio ini.



16. Listview, Masih dalam mode Studio kita masuk ke listview 


17. Menambahkan field-field ke listview


Kemudian tambahkan Address ke listview


Lalu tambahkan Type of Place ke listview. Kemudian menata urutan field-field dalam listview



Untuk Lanjutannya baca : Membuat Entry Form Menggunakan Odoo ERP Studio - III

Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...