Thursday, November 21, 2019

Membuat Pivot Table di Excel

Pivot Table adalah fasilitas excel yang digunakan untuk merangkum, menganalisa dan membuat suatu laporan data yang disajikan dalam bentuk tabel. Dengan menggunankan Pivot Table dapat membuat satu laporan yang dinamis dari sumber data yang besar. pivot tabel bekerja dengan matriks qube sebagai back end aplikasinya, sehingga dapat mengolah data secara dinamis untuk menganalisa data dalam bentuk kolom atau baris. pada materi ini akan dibuat Pivot Table dari satu data. fitur pivot table ini sangat cocok untuk yang bekerja di level managerial, perhitungan pada pivot dilakukan secara otomatis tanpa belajar fungsi atau rumus excel, dengan pivot Table sudah dapat membuat suatu laporan yang dapat dianalisa untuk pengambilan keputusan dengan tepat dan cepat.

Cara Membuat Pivot Table

Sebelum mengolah data dengan Pivot Table ada 3 syarat yang harus diperhatikan sebelum membuat pivot table, dimana data atau tabel yang akan diolah memenuhi syarat tabel yang ideal :
  • Terdapat judul kolom atau header untuk satu jenis data. hal ini dikarenakan pivot table akan mengambil judul kolom sebagai nama field dalam tabel
  • Tidak terdapat cell yang dimerge dalam satu tabel.
  • Tidak terdapat kolom dan Baris kosong.
Catatan : 
Tipe table sebagai sumber data Pivot Table harus dalam bentuk data range, dan tidak diperkenankan membuat Pivot Table dari table dalam bentuk “Format As Table” karena mengandung xml.

Langkah-langkah membuat Pivot Table :

1. Buka File latihan “Pivot.xlsx”
2. Letakan Pointer pada area data.
3. Masuk ke Tab Insert kemudian Pilih PivotTable (seperti gambar )
      membuat pivot table excel

4. Pada Window Create Pivot Table Ada 2 pertanyaan, Choose the data that you want to analyse yaitu memilih data yang akan dianalisa.
         *. Select a table or range (Blok range data yang akan di buat pivotTable)
         *. Use an external data source (mengambil data dari luar file Excel)
         *. Use this workbooks Data model (untuk versi 2013 keatas)
5. Choose where you want the PivotTable report to be placed , yaitu memilih lokasi dimana hasil pengolahan Pivot Tabel akan ditempatkan

  • New Worksheet (Pivot akan di buat di worksheet baru)
  • Existing Worksheet (worksheet yang sedang aktif)
6. Sesuaikan dengan gambar dibawah ini :
  • Pada table/range : Akan terisi otomatis jika format tabel sudah ideal, atau dapat blok tabel manual pada range B7:N51
  • Pada pilihan lokasi pivotTable Pilih New Worksheet, agar mudah untuk analisa data.
    analisa pivot table excel

7. Klik OK dan  PivotTable akan dibuat pada worksheets baru di “Sheet1” berikut ini tampilannya
cara menggunakan pivot table excel
8. Selanjutnya siap proses datanya sesuai kebutuhan.

Cara menggunakan PivotTable

Setelah membuat PivotTable pada worksheet baru sebelum memprosesnya lebih jauh, sebaiknya  pahami dulu bagian-bagian pada Pivot Table. ada 2 tampilan window pada pivotTable yaitu : “lihat gambar diatas”
  • Report Pivot Area adalah area cell untuk menempatkan dan menampilkan data report.
  • PivotTable Field List adalah window yang berfungsi sebagai tools untuk mengatur report pivotTable.
Pada PivotTable Field list terdapat 4 blok area :
  • Filter adalah area untuk menempatkan data field yang akan difilter pada pivotTable.
  • Rows adalah area untuk menempatkan data field dalam bentuk Baris.
  • Column adalah area untuk menempatkan data field dalam bentuk kolom.
  • Values adalah area untuk menempatkan data field yang akan dilakukan perhitungan.

Langkah-Langkah membuat PivotTable :

data pivot table
Contoh kasus : 
Membuat Pivot table dari data “sales summary” diatas, untuk menampilkan laporan data berdasarkan ProductDay, dan hitung berapa Total penjualan masing-masing penjualan.
Lakukan prosedur berikut Ini :
  1. Buatlah pivotTable dengan langkah-langkah seperti diatas.
  2. Drag Field “Day“, “Product“, dan  “Total” dari Pivotable Field List ke Area Pivot, atau Gunakan Ceklist untuk menampilkan data pada PivotTable report.
  3. Letakan Field “Day” dan “Product” pada area “ROWS”
  4. Letakan Field “Total” pada area “VALUES” (setiap field yang mau di hitung letakan pada field Values”
  5. Laporan akan otomatis terbentuk di area PivotTable Report. tampilanya seperti dibawah ini.menggunakan pivot table
Dari tampilan diatas dapat melihat dengan mudah laporan penjualan untuk masing-masing hari beserta kode product yang terjual dan total nilainya tanpa menggunakan rumus atau fungsi. untuk melihat detail penjualan dalam perhitunganya juga dapat double klik pada setiap nilai di kolom “sum of total”.

Cross tabulation PivotTable

Selain meletakan fileld pada area “ROWS”, juga dapat meletakan object pada area “COLUMN” atau yang sering disebut analisis Cross tabulation pada pivot table dilakukan untuk melihat laporan data berdasarkan baris “ROWS” dan Kolom “COLUMN”.dapat dilihat perhitungan yang berhubungan antara 2 variabel.
“Caranya adalah dengan memindahkan Field “Product” atau “Day” ke area “COLUMN” seperti tampilan berikut ini”
cross tabulation pivot table

Filter pada Pivot Table

Setelah membuat laporan dan juga dapat memfilter laporan sesuai dengan kriteria yang diinginkan. filter pada Pivot Table digunakan untuk analisa data lebih spesifik. sebagai ontoh dari data diatas akan menampilakan laporan yang harinya adalah “FRIDAY” saja.
  1. Pemindahkan Field  “Day” ke area “FILTER” seperti tampilan berikut ini”
    filter pivot table
  2. Klik menu Report Filter dan Cheklist “Fry” saja.
    cara filter pivot table
  3. Klik OK
dapat melakukan filter pivot Table dengan menampilkan beberapa data dengan cara cheklist item data seperti gambar diatas dengan mengaktifkan pilihan “select multiple item“.

Membuat Fungsi Terbilang pada Microsoft Excel


Seringkali dalam bekerja menggunakan Microsoft Excel, dan sering menemui data angka yang harus diubah menjadi huruf. Misal 1.200.000 akan diubah menjadi satu juta dua ratus ribu rupiah. Memang bisa diubah secara manual, namun jika data yang harus diproses jumlahnya banyak, maka akan memakan banyak waktu.


Cara yang otomatis yaitu menggunakan fungsi =terbilang , namun untuk menggunakan fungsi ini, anda harus mendownload add ins nya terlebih dahulu. 
Link di bawah untuk download :



Jika sudah mendownload, maka bisa ikuti langkah langkah dibawah ini. Excel digunakan adalah Microsoft Excel 2007, 2010 atau 2013


Cara Menggunakan Rumus Terbilang Excel

  1. Buka Microsoft Excel, klik office button ( tombol yang di kiri atas ), atau klik menu file bila menggunakan microsoft excel 2010/2013
  2. Klik Option/Excel Option,Pada Menu add ins, klik Go

    rumus terbilang excel
  3. Pilih Browse,Cari file yang didownload tadi.Klik OK
  4. rumus terbilang excel
  5. Kemudian beri tanda centang pada terbilang, klik OK
fungsi terbilang excel

Dengan ini maka fungsi terbilang telah terpasang pada microsoft excel. Untuk menggunakannya tinggal tulis rumus =terbilang(alamat sel) seperti gambar dibawah

cara fungsi terbilang excel

Bagaimana jika ingin menampilkan rupiah, maka memodifikasi fungsi terbilang ini. dengan  Rumus :

=terbilang(D4)&" rupiah"

Bagaimana jika ingin kalimat yang tampil ini memiliki huruf besar disetiap katanya, caranya seperti rumus dibawah :

=PROPER(terbilang(D4)&" rupiah")

Jika ingin mengubah menjadi huruf besar semua, ganti PROPER menjadi UPPER. Sedangkan bila ingin merubah menjadi huruf kecil semua, ganti menjadi LOWER .

Bagaimana cara menggunakan koma dalam fungsi terbilang ini. Misalnya mau membuat angka 1000,5 menjadi seribu koma lima. Cara melakukan hal ini sangat mudah, tulis saja seperti biasanya yaitu 1000,5 . Lalu gunakan fungsi terbilang.

Jika hasilnya malah sepuluh ribu lima, berarti setting regional di komputer masih setting luar. Oleh karena itu gunakan tanda titik (.) . Jadi jika 1000,5 tidak bisa, gunakan 1000.5

Cara mengatasi Error Too many connections pada Mysql

Dapat laporan kalau ada salah satu website apabila dibuka kadang akan muncul pesan kesalahan: Error: Too many connections. Jadi ada sesuatu yang sambungannya terlalu banyak dan akibatnya website gagal menampilkan datanya. Dari sini jelas masalahnya ada pada databasenya, pakai MySQL.
Sedangkan saat mengakses VPSnya ya muncul masalah yang sama:
mysql
ERROR 1040 (00000): Too many connections
Bash
Baru bisa akses database servernya kalau pakai root:
mysql -u root -p
Bash
Setelah itu coba cek berapa koneksi maksimalnya:
select @@global.max_connections;
SQL
Defaultnya antara 100 atau 151 biasanya:
+--------------------------+
| @@global.max_connections |
+--------------------------+
|                      100 |
+--------------------------+
1 row in set (0.00 sec)
SQL
Karena errornya disebabkan jumlah koneksi bersamaan terlalu banyak maka satu solusi cepatnya adalah meningkatkan batasnya:
set GLOBAL max_connections=200;
Query OK, 0 rows affected (0.00 sec)
SQL
Alternatifnya bisa dengan mengedit konfigurasi MySQL:
nano /etc/my.cnf
Bash
Lokasinya bisa berada di tempat lain. kalau windows : c:\program files\mysql\mysql 5.5\
Setelah itu cari dan sesuaikan kode dibawah:
[mysqld]
set-variable=max_connections=200
Ini
Pakai cara mengatasi yang manapun setelah itu wajib restart:
service mysql restart
Bash

Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...