- 1. Membuat Messege Box.
- sintax
- from tkinter.ttk import Frame, Button
- from tkinter import Tk, BOTH, messagebox as mbox
- class membuatPeringatan(Frame):
- def __init__(self, parent):
- Frame.__init__(self, parent)
- self.window = parent
- self.initUI()
- def initUI(self):
- self.window.title("Message box")
- self.window.geometry("300x150")
- self.pack()
- self.buatTombol()
- def buatTombol(self):
- pesanError = Button(self, text="Error", command=self.tampilError)
- pesanError.grid(padx=5, pady=5)
- pesanPeringatan = Button(self, text="Peringatan", command=self.tampilPeringatan)
- pesanPeringatan.grid(row=1, column=0)
- pesanPertanyaan = Button(self, text="pertanyaan", command=self.tampilPertanyaan)
- pesanPertanyaan.grid(row=0, column=1)
- pesanInformasi = Button(self, text="infromasi", command=self.tampilInfromasi)
- pesanInformasi.grid(row=1, column=1)
- def tampilError(self):
- mbox.showerror("Error", "Maaf ada yang Error.")
- def tampilPeringatan(self):
- mbox.showwarning("Warning", "Di aplikasi ini ada peringatan.")
- def tampilPertanyaan(self):
- mbox.askquestion("Question", "Kalian sudah makan ?")
- def tampilInfromasi(self):
- mbox.showinfo("Information", "Aplikasi sukses di buat.")
- if __name__ == '__main__':
- root = Tk()
- ex = membuatPeringatan(root)
- root.mainloop()
- tampilan
- Nah jika menekan tombol yang pertama, yaitu “error” maka akan tampil sebuah messegebox pada screenshoot dengan no. 1 yaitu pesan error.
- Dan jika mengklik tombol yang kedua, maka akn tampil sebuah Messege box pada screenshoot no. 2 ya.. Yaitu sebuah pertanyaan dengan tombol “yes” dan “no”. Seperti saat inigin menutup sebuah aplikasi ya..
- Dan jika mengklik tombol peringatan atau tombol yan ke 3, maka messege box yang akan tampil adalah pada screenshoot no. 3 yaitu sebuah peringatan dengan icon tanda seru ya..
- Dan yang terakhir adalah jika mengklik tombol “informasi” atau tombol dengan no. 4. Maka akan tampil sebuah messege box pada screenshoot no. 4. Bisa kita lihat ya perbedaan iconnya.
- 2. Menampilkan color chooser atau pemilih warna
- sintax :
- from tkinter import Tk, Frame, Button, BOTH, SUNKEN, colorchooser
- class pemilihWarna(Frame):
- def __init__(self, parent):
- Frame.__init__(self, parent)
- self.window = parent
- self.initUI()
- def initUI(self):
- self.window.title("pemilih warna")
- self.window.geometry("300x150")
- self.pack(fill=BOTH, expand=1)
- self.buatTombol()
- def buatTombol(self):
- self.tombol = Button(self, text="pilih warna", command=self.pilihWarna)
- self.tombol.place(x=30, y=30)
- def pilihWarna(self):
- colorchooser.askcolor()
- if __name__ == '__main__':
- root = Tk()
- ex = pemilihWarna(root)
- root.mainloop()
- tampilan :
memanfaatkan dialog color chooser atau pemilih warna
- sintax :
- from tkinter import Tk, Frame, Button, BOTH, SUNKEN, colorchooserclass pemilihWarna(Frame):def __init__(self, parent):Frame.__init__(self, parent)self.window = parentself.initUI()def initUI(self):self.window.title("pemilih warna")self.window.geometry("300x150")self.pack(fill=BOTH, expand=1)self.buatTombol()self.buatTempatWarna()def buatTombol(self):self.tombol = Button(self, text="pilih warna", command=self.pilihWarna)self.tombol.place(x=30, y=30)def buatTempatWarna(self):self.tempatWarna = Frame(self, border=1,relief=SUNKEN, width=100, height=100)self.tempatWarna.place(x=160, y=30)def pilihWarna(self):(rgb, hx) = colorchooser.askcolor()self.tempatWarna.config(bg=hx)if __name__ == '__main__':root = Tk()ex = pemilihWarna(root)root.mainloop()
- tampilan:
- Jadi, pada screenshoot no. 1 merupakan tampilan yang akan tampil pertama kali saat code program di atas dijalankan..
- Dan pada screenshoot no. 2 dimana pemilih warna atau color chooser akan tampil.. Disinilah akan memilih warna. Setelah itu klik “ok”
- Dan yang terakhir adalah screenshoot no. 3 dimana warna frame nya sudah berubah menjadi warna yang sudah dipilih sebelumnya tadi.
- 3. Membuka file atau menampilkan pemilih/pembuka file.
- sintax :
- from tkinter import Frame, Tk, BOTH, Text, Menu, END, filedialog
- class MembukaFile(Frame):
- def __init__(self, parent):
- Frame.__init__(self, parent)
- self.window = parent
- self.initUI()
- def initUI(self):
- self.window.title("File dialog")
- self.pack(fill=BOTH, expand=1)
- self.window.geometry("300x250")
- self.buatMenubar()
- def buatMenubar(self):
- menubar = Menu(self.window)
- self.window.config(menu=menubar)
- fileMenu = Menu(menubar)
- fileMenu.add_command(label="Open", command=self.bukaFile)
- menubar.add_cascade(label="File", menu=fileMenu)
- def bukaFile(self):
- tipeFile = [('Python files', '*.py'), ('All files', '*')]
- bukaFile = filedialog.Open(self, filetypes=tipeFile)
- isiFile = bukaFile.show()
- if __name__ == '__main__':
- root = Tk()
- ex = MembukaFile(root)
- root.mainloop()
- tampilan:
- yang no. 1 merupakan screenshoot dari window yang pertama kali muncul ketika program di atas dijalankan..
- Dan screenshoot ke 2 merupakah tampilan yang dihasilkan ketika menekan tombol menu “file” dan meng klik submenu “open”. Pada screenshoot no. 2 terlihat ya di sana dapat memilih file yang ingin dibuka.
memproses file yang sudah kita pilih pada file chooser
- sintax :
- from tkinter import Frame, Tk, BOTH, Text, Menu, END, filedialogclass MembukaFile(Frame):def __init__(self, parent):Frame.__init__(self, parent)self.window = parentself.initUI()def initUI(self):self.window.title("File dialog")self.pack(fill=BOTH, expand=1)self.window.geometry("300x250")self.buatMenubar()self.buatTempatText()def buatMenubar(self):menubar = Menu(self.window)self.window.config(menu=menubar)fileMenu = Menu(menubar)fileMenu.add_command(label="Open", command=self.bukaFile)menubar.add_cascade(label="File", menu=fileMenu)def buatTempatText(self):self.txt = Text(self)self.txt.pack(fill=BOTH, expand=1)def bukaFile(self):tipeFile = [('Python files', '*.py'), ('All files', '*')]bukaFile = filedialog.Open(self, filetypes=tipeFile)isiFile = bukaFile.show()if isiFile != '':teks = self.bacaFile(isiFile)self.txt.insert(END, teks)def bacaFile(self, namaFile):f = open(namaFile, "r")teks = f.read()return teksif __name__ == '__main__':root = Tk()ex = MembukaFile(root)root.mainloop()
- tampilan :
- 1.tampilan atau screenshoot no. 1 merupakan tampilan yang akan di hasilkan pertama kali ketika code program di atas dijalankan...2.Dan screenshoot no. 2 merupakan screenshoot yang dihasilkan ketika mengklik menu “file” dan mengklik “open”. Dan disinilah dapat memilih file yang akan dibuka..3.Dan screenshoot no. 3 merupakan tampilan yang dihasilkan ketika sudah membuka sebuah file teks. Dimana akan tampil teks yang ada di dalam file yang sudah dipilih tadi
Inspirasi adalah visi yang terkandung dalam hati & pikiran. Seni adalah ungkapan hati & pikiran yang diukir dalam berbagai bentuk. Hidup adalah inspirasi & seni dengan memanfaatkan teknologi
Thursday, September 13, 2018
Membuat Kotak dialog pada Python
Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac
Memunculkan Simbol & Emoji 1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...
-
Pada kesempatan ini menggunakan Install iReport 5.6.0 Download iReport 5.6.0 di website : http://community.jaspersoft.com/project/irepo...
-
Memunculkan Simbol & Emoji 1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...
-
Environment yang digunakan adalah Windows Server 2016 Standard Edition R2 64-bit tetapi semua versi juga bisa dan juga bisa dalam Domain...