Sunday, November 27, 2022

Membuat Entry Form Menggunakan Odoo ERP Studio - I

 


1. Buka Aplikasi Studio Odoo


2. Kemudian klik toggle studio pada atas kanan. lalu klik New App.


Wizard pembuatan aplikasi, kemudian akan dituntun oleh Wizard pembuatan aplikasilalu klik  Next.


Beri nama aplikasi. lalu klik Next


Selanjutnya  menentukan iconnya. lalu klik Next


Selanjutkan dengan pembuatan menu pertama yaitu Places. lalu klik Create Your App


Tampak tampilan awal aplikasi berbentuk form yang masih kosong.



3. Membuat Form


Kemudian menuju VIEWS dan melanjutkan ke Form.


4. Edit nama form, Selanjutnya beri nama pada form yaitu Secure Place.


5. Menambahkan komponen Image


Selanjutnya men-drag Image. kemudian mengubah Image Size


6. Tambahkan komponen selection


Kemudian menambahkan Selection pada form, buat pilihan-pilihan untuk selection ini.


Setelah itu, memberikan nama Type of Place untuk selection ini.


7. Menambahkan komponen multiline text


Selanjutnya dengan menambahkan komponen Multiline Text, gunakan  multiline text ini untuk Address


8. Menambahkan komponen integer number


Kemudian menambahkan Integer Numbers. gunakan Integer Number untuk Max. Guests


9. Menambahkan komponen tab


Selanjutnya penambahan komponen Tabs.


Kemudian memberi nama Facilities untuk tab pertama ini.


Berikan nama Security untuk kolom 1 ini.


Berikan nama General untuk kolom 2.


Kemudian menambahkan 3 checkbox pada tab Facilities ini.


10. Tambahkan tab ke 2


Kemudian menambahkan tab dengan mengklik +.


Berikan nama Description untuk tab ke dua ini.


Untuk Lanjutannya baca : Membuat Entry Form Menggunakan Odoo ERP Studio - II

Saturday, November 26, 2022

Setup Ukuran Kertas & Format Print pada ADempiere

 


Setup Ukuran Paper Format di ADempiere

Secara default ADempiere akan membuat laporan dalam format kertas A4. Meskipun ukuran kertas A4 merupakan ukuran yang paling banyak oleh pengguna adempiere, namun apabila menginginkan format dengan ukuran kertas yang lain misalnya A5, A3, F4 dan lain lain, dapat melakukan konfigurasi di Application Dictionary. Untuk melakukan konfigurasi silahkan ikuti langkah berikut ini:

1. Login dengan role System Administrator

2. Masuk ke window System Admin --> General Rule --> Printing --> Print Paper.




3. Buat record baru. Masukkan nama dan description ( optional ).


4. Checkbox Landscape akan menentukan orientasi kertas: apakah Landscape atau Portrait.

5. Selanjutnya masukkan validation code dimana parameter akan menentukan ukuran kertas yang dibuat.

6. Dimension unit, Size X dan Size Y  ( diabaikan ).

7. Left, Right, Top, Bottom Margin ditentukan dalam satuan 1/72 inci. masukkan nilai yang diinginkan.

8. Kemudian Simpan / Save



Seting ukuran kertas di Print Format

Selanjutnya untuk memakai Print Paper yang baru dibuat :

1. Buka window Print Format.



2. Buat Print Format baru atau, Pilih salah satu Print Format yang mau dimodifikasi.



3. Di kolom Print Paper, pilih ukuran yang baru didefinisikan




Catatan :

Daftar Validation Code:
  • iso-a0           iso-a1         iso-a2         iso-a3
  • iso-a4          iso-a5          iso-a6         iso-a7
  • iso-a8          iso-a9          iso-a10       iso-b0
  • iso-b1          iso-b2          iso-b3        iso-b4
  • iso-b5          iso-b6          iso-b7        iso-b8
  • iso-b9          iso-b10        iso-designated-long
  • italian-envelope              monarch-envelope
  • personal-envelope          na-number-9-envelope
  • na-number-10-envelope
  • na-number-11-envelope
  • na-number-12-envelope
  • na-number-14-envelope
  • na-6x9-envelope           na-7x9-envelope
  • na-9x11-envelope         na-9x12-envelope
  • na-10x13-envelope       na-10x14-envelope
  • na-10x15-envelope       na-5x7
  • na-8x10 jis-b0               jis-b1
  • jis-b2         jis-b3           jis-b4         jis-b5
  • jis-b6         jis-b7           jis-b8         jis-b9
  • jis-b10       iso-c0          iso-c1        iso-c2
  • iso-c3        iso-c4          iso-c5        iso-c6
  • na-letter    na-legal       executive  ledger
  • tabloid      invoice        folio         quarto
  • japanese-postcard        oufuko-postcard
  • a         b        c         d      e

Integrasi Jasper Report Pada ADempiere

 


Sebelum Integrasi Jasper Report pada ADempiere. maka buat laporan dengan menggunakan iReport,

untuk pembuatan laporan dengan menggunakan ireport bisa dibaca pada :


Setelah mendesain report dengan iReport, maka dapat mengintegrasikannya kedalam Adempiere dengan cara: 

1. Login sebagai System, 

2. Masuk ke System Adninistration 

3. Pilih Application Dictionary 

4. Selanjutnya pilih Report & Process.

5. Buat Process baru dan masukkan File hasil dari iReport sebagai attachment, dan pada field Jasper Report Paling bawah isikan : attachment:namafile,jrxml

Contoh :



Pengenalan Jasper Report


iReport

iReport dapat terhubung ke database apapun dan memperoleh data dari sumber data yang berbeda. Selain itu dapat mengekspor laporan ke PDF, XHTML, OpenOffice, MS Word, MS Excel, XML, Text, dan lain lain.

Antar muka iReport

User Interface (UI) dari iReport sangat user friendly. Hal ini memberikan beberapa langkah mudah untuk menghasilkan laporan dengan menggunakan bantuan Wizard Laporan.


Fitur antar muka di iReport 

Fasilitas Drag-and-drop (tarik dan letakkan) untuk Elments Report (elemen laporan).

Window Palette yang terdiri dari Report Elements dan Tools

Navigasi yang mudah dari report objects melalui Report Inspector

Window Properties untuk setting properties dari report elements

Mendukung Undo dan Redo editing Window antar muka yang dapat di susun dan di konfigurasi.


Design iReport

Menggunakan Wizard Laporan, laporan dapat dibangun dalam beberapa langkah mudah dalam waktu yang sangat singkat. Setelah itu, ada editor lain yang dapat digunakan untuk memodifikasi / menambah fitur laporan lebih jauh. Ini membantu dengan cepat pembuatan laporan baru, subreports, mendefinisikan data grup, dan membuat grup header dan footer.


Built-in editor untuk hyperlink, padding dan border, angka, dan Tanggal pola.

Menggunakan mouse atau keyboard untuk posisi, menyelaraskan, dan mengubah ukuran objek.


Format Perkakas yang komprehensif


Menu Kontekstual untuk melakukan operasi umum dengan cepat. Header, footer, ringkasan, latar belakang, dan seterusnya, yang dapat disesuaikan ukurunannya serta dengan beberapa rincian. Menyalin dan menyisipkan elemen.


Grafik Lengkap termasuk Pie, 3D Pie, Bar, Bar 3D, yx Bar, Stacked Bar, Stacked Bar 3D, Line, XY Line, Area, yx Area, Scatter, Bubble, Time Series, High Low, Candlestick, Gantt, Meter , Thermometer, dan Multi Axis grafik.


Membuat Custom Reports Pada ADempiere

 


ADempiere menyediakan fasilitas untuk Customize laporan sesuai dengan yang diinginkan. 

Pada laporan, dapat merubah unsur-unsur yang berikut:

  • Display Order
  • Sort Order
  • Format Item

--Field, Image , Text, Print Format

--Alignment% Width/Height

--Calculate Sum - Average - Count

--Group by (requires Order by sorting)



Print Format

Buka window Print Format untuk customize Laporan dengan meng-klik pada General Rules, Cetak atau atau klik pada tombol Customize Report pada toolbar tentang Report tersebut.

Catatan: Ketika membuka Print Format yang menggunakan pilihan menu maka harus menutup dan membuka kembali laporan untuk lihat perubahan yang telah dibuat. Jika membuka Print Format menggunakan tombol Customize Report laporan akan ditampilkan kembali dengan perubahan yang telah dibuat ketika menutup Print Format tersebut.

Hilangkan pilihan pada Checkbox Form untuk mencetak suatu columnar List Report (Daftar laporan columnar). Centang lah untuk mencetak suatu format. Print Table Format menentukan Fonts, Warna dari Tabel yang di print. Centang Standard Header /Footer checkbox untuk menunjukkan standard dari Header dan Footer yang digunakan. Jika anda tidak ingin menggunakan Header standard, harus secara eksplisit di definisikan. Print Paper menggambarkan Ukuran, Orientasi Dan Margin (Garis tepi) tentang dokumen tersebut. Print Font adalah Fonts yang digunakan untuk mencetak. Print Color adalah Warna menggunakan untuk mencetak.

Tombol Copy/Create mengijinkan untuk mengcopy suatu Print Format atau menciptakan suatu Print Format baru dari suatu Tabel .


Display Order

Pindahlah ke tab Order untuk merubah tampilan Order dari unsur-unsur pada laporan tersebut dan disesuaikan dengan dengan kebutuhan.

Untuk menambahkan suatu elemen kedalam laporan, klik pada daftar Aneka pilihan yang tersedia dan pindahkan ke Daftar Urutan dengan meng-klik pada sisi kanan panah.

Untuk merubah urutan dari suatu unsur dengan menggunakan pilihan panah naik/turun. Untuk mengeluarkan suatu elemen dari Laporan pilihlah dan klik pada panah kekiri. Simpan perubahan. 


Pindah ke tab Sort Order untuk merubah Urutan order dan menyesuaikan dengan kebutuhan


Selain itu dapat mengatur format report, menambahkan logo / Text, mengatur letak field dan lain lain.



Menambahkan Logo / Foto

Untuk menambahkan logo / foto, masuk ke format item, pilih record baru kemudian bei nama name =  Logo, dan pilih logo/foto bawaan adempiere dengan memasukkan alamat URL atau dengan cara meletakkan logo/foto didalam attachment  ;


Menggunakan Attachment



Menambahkan Text

Tambahan Text di invoice, misalnya" Terima kasih atas kepercayaan anda kepada kami ", 


ubah jenis font dan ukuran melalui pilihan berikut:



Menambahkan Amount In Words

Didalam Invoice atau order penjualan umumnya perlu menambahkan jumlah grand total dalam kata (Terbilang / Says) atau disebut sebagai Amount In words. Disini dapat menambahkannya dengan menambahkan Item baru

dengan name = Says,

Format Type = Field,

Field Type = Amount In Words


Layout Pada ADempiere ERP

 


Berikut adalah tampilan beberapa menu yang ada pada Adempiere:

1. Product di ADempiere

Produck dibagi dalam beberapa jenis berikut:

  • Items (barang) : barang-barang yang secara fisik dijual
  • Services (jasa) : Non fisik yang sebagai jasa pelayanan
  • Resources (sumber daya)
  • Expense Types (jenis pembiayaan)


Product Setup Workflow

Product Attribute“Product” Attribute

  • Same for the specific Product
  • Set of Attributes & Values

“Instance” Attribute

  • Different for the specific Product Instance(s)
  • Set of Attributes & Values
  • Predefined
  • Lot (Batch)
  • Serial No
  • Guarantee (Expiry) Date

Individual Product AttributePredefined Individual Attributes

  • Lot/Batch, Serial No, Guarantee Date
Create Instance Attributes (Serial No,…)
  • Receiving
  • Production
  • Physical Inventory
  • Shipment

Optionally specify/reference Instances

  • Inventory Move
  • Physical Inventory
  • Production
  • Order
  • Invoice
  • Shipment



2. Purchasing di ADempiere

Purchase Order adalah suatu dokumen kontrol dalam hal Receipts dan Invoices. Purchase Order tidak selalu diperlukan untuk melakukan Receipts. Tergantung kepada policy perusahaan, pembuatan Purchase Orders mungkin saja adalah keharusan (mandatory), akan tetapi didalam Compiere adalah opsional. Aspek penting adalah dimungkinkan untuk memasukkan Receipt dan bisnis tetap berlanjut. 


Catatan : bahwa hanya products yang dapat dilakukan Receipt.


3. Material Management di ADempiere

Aspek yang berhubungan dengan material management  :

  • Warehouse
  • Shipments (receipts)
  • Inventory Movements
  • Physical Inventory
  • Production
  • Customer Shipment
  • Replenishment (Demand)
  • Available to Promise
  • Valuation Costing Material Management

Warehouse adalah lokasi fisik dimana barang/Material disimpan. Disini bisa membuat warehouse sebanyak yang diinginkan. Selanjutnya Warehouse dapat mempunyai satu atau lebih locators (lokasi penempatan barang). Suatu locator mempunyai tiga dimensi

  • Aisle (Gang)
  • Bin (Bak/Peti)
  • Level (Tingkat)

Di dalam suatu setup kompleks, dapat membuat suatu Warehouse untuk penerimaan, suatu Warehouse untuk penyimpanan dan suatu Warehouse untuk pengiriman:

External- Receipt

  • Shipment

Internal- Inventory Move

  • Phisical Inventory ( di Indonesia sering disebut "Stock Opname" )
  • Production
  • Inventory Movement (di Indonesia sering disebut "Mutasi" )

Inventory Valuation Report

  • Based on Price List
  • Lists PO Price
  • Calculates Qty based on Valuation Date
  • Export to XLS for more complex Valuation


4. Sales Order di ADempiere

Sales Order merupakan opsional, bisa digunakan ataupun tidak, karena masih bisa membuat suatu Invoice dari Shipment yang dikirim (tanpa harus membuat Sales Order).


Disini dapat membuat suatu Quote, merubah atau mengcopykan ke suatu Sales Order dan kemudian akan menghasilkan Customer Shipment (Shipment Pelanggan) Atau Invoice darinya tanpa memasukkan semua informasi lagi.



ADempiere ERP mengijinkan untuk menangani situasi pembayaran berbeda. Disini dapat berpindah antara aturan pembayaran.

  • On Credit (Dengan kredit) - Pembayaran dimasukkan sebagai suatu Open Item (Item Terbuka)
  • Cash (Tunai) - Masukan dihasilkan pada Cashbook
  • Credir Card (Kartu Kredit) - Proses Pembayaran secara
  • Chek Atau ACH - Proses Pembayaran Sales Order melalui dokumen kontrol untuk shipment Dan Invoice, dan Receipt secara opsional. Keadaan sesungguhnya ditentukanoleh Jenis Dokumen Target dan Jenis Dokumen yang dipakai.


5. Multi Currency di ADempiere

ADempiere ERP secara penuh mendukung penggunaan Multiple Currencies.

Multiple Currencies

  • Beberapa Transaksi Mata uang (mata uang selain dari mata uang Akuntansi)
  • Beberapa Akuntansi di mata uang secara paralel ( menggunakan GBP dan EUR)
  • Beberapa Laporan mata uang (konversi 1:1 dari suatu Laporan)

Multi-Currency Conversion

Dapat didefinisikan Jenis multiple Conversion Rate. Disini mungkin ingin menggunakan tingkat tarif Corporate atau user-defined (bukan menggunakan Spot Rate) untuk tujuan planning/perencanaan. Tingkat tarip Default adalah Spot Rate, yang sesuai dengan tingkat bunga pasar.

Untuk memelihara administrasi pada suatu Kurs Konversi minimum adalah dengan memasukkan suatu tanggal ‘ Valid_From’ Yang mana efektif sampai suatu record baru dimasukkan dengan suatu ‘Valid From’ yang lebih baru. Tanggal yang paling terbaru selalu harus didahulukan dari tanggal yang lebih lama.

Tingkat tarip timbal balik tidaklah secara otomatis dihitung, yaitu. USD:IDR tidak menghasilkan suatu kurs konversi IDR:USD. Artinya, suatu tingkat tarip terpisah harus dimasukkan.

( *USD=US Dolar, IDR= Indonesia Rupiah )

Multi Currency Transactions

Mata uang Transaksi ditentukan oleh Daftar Harga tersebut. Mata uang untuk suatu Proce List (Daftar Harga) didefinisikan di window Price List.

Multi Currency Accounting

Satu transaksi Multi-Currency Accounting adalah Ekspose Keuntungan dari Mata uang Yang tidak direalisir (Unrealized Gain currency) misal antara Invoice dan Receipt. Transaksi lain adalah Direalisir Keuntungannya (Realize Gain)

Multi-Currency Proses

Compiere saat ini mendukung Konversi Mata uang. Konversi Mata uang dilaksanakan ketika suatu Laporan diminta dalam suatu Mata uang berbeda.


Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...