Inspirasi adalah visi yang terkandung dalam hati & pikiran. Seni adalah ungkapan hati & pikiran yang diukir dalam berbagai bentuk. Hidup adalah inspirasi & seni dengan memanfaatkan teknologi
Fix ORA-03113: end-of-file on communication channel
[oracle@localhost ~]$ sqlplus / as sysdba
SQL> startup
ORACLE instance started.
Total System Global Area 4993982464 bytes
Fixed Size 2261808 bytes
Variable Size 1006636240 bytes
Database Buffers 3976200192 bytes
Redo Buffers 8884224 bytes
Database mounted.
ORA-03113: end-of-file on communication channel
Process ID: 4903
Session ID: 237 Serial number: 26032
maka solusi :
Cara Pertama :
[oracle@localhost ~]$ sqlplus / as sysdba
SQL> startup mount;
ORACLE instance started.
Total System Global Area 4993982464 bytes
Fixed Size 2261808 bytes
Variable Size 1006636240 bytes
Database Buffers 3976200192 bytes
Redo Buffers 8884224 bytes
Database mounted.
SQL> SELECT GROUP# FROM V$LOG;
GROUP#
----------
1
3
2
SQL> alter database clear unarchived logfile group 1;
Database altered.
SQL> alter database clear unarchived logfile group 2;
Database altered.
SQL> alter database clear unarchived logfile group 3;
Database altered.
SQL> shutdown immediate;
ORA-01109: database not open
Database dismounted.
ORACLE instance shut down.
SQL> startup
ORACLE instance started.
Total System Global Area 4993982464 bytes
Fixed Size 2261808 bytes
Variable Size 1006636240 bytes
Database Buffers 3976200192 bytes
Redo Buffers 8884224 bytes
Database mounted.
Database opened.
Cara Kedua :
[oracle@localhost ~]$ sqlplus /nolog
SQL> connect / as sysdba
Connected to an idle instance.
SQL> startup mount
ORACLE instance started.
Total System Global Area 4993982464 bytes
Fixed Size 2261808 bytes
Variable Size 1006636240 bytes
Database Buffers 3976200192 bytes
Redo Buffers 8884224 bytes
Database mounted.
Kita dapat meningkatkan db_recovery_file_dest_size saat ini, meningkat menjadi 100G dalam ini:
cara :
SQL> alter system set db_recovery_file_dest_size = 100G scope=both;
System altered.
Now, you can shutdown and startup again and that previous error should be gone. The proper fix is to get rid of the recovery files. You do that using RMAN
[oracle@localhost ~]$ rman target /
Recovery Manager: Release 11.2.0.4.0 - Production on Fri Aug 16 14:49:39 2019
Copyright (c) 1982, 2011, Oracle and/or its affiliates. All rights reserved.
connected to target database: DB11G (DBID=432722608, not open)
RMAN> backup archivelog all delete input;
Starting backup at 16-AUG-19
using target database control file instead of recovery catalog
allocated channel: ORA_DISK_1
channel ORA_DISK_1: SID=156 device type=DISK
specification does not match any archived log in the repository
backup cancelled because there are no files to backup
Finished backup at 16-AUG-19
RMAN> exit
Recovery Manager selesai.
semua archive ruang akan dikosongkan, maka sekarang adalah mematikan dan memulai atau menghidupkan database
Jika server mati secara tiba-tiba karena masalah listrik atau hal lain, hal ini menyebabkan masalah pada database oracle yaitu ORA-03113: end-of-file on communication channel.
jika seperti dibawah errornya
[oracle@host ~]$ sqlplus / as sysdba
SQL> startup
ORACLE instance started.
Total System Global Area 2147483648 bytes
Fixed Size 2926472 bytes
Variable Size 1224738936 bytes
Database Buffers 905969664 bytes
Redo Buffers 13848576 bytes
Database mounted.
ORA-03113: end-of-file on communication channel
Process ID: 4903
Session ID: 237 Serial number: 26032
maka solusinya :
[oracle@zeus ~]$ sqlplus / as sysdba
Connected to an idle instance.
SQL> startup nomount
ORACLE instance started.
Total System Global Area 2147483648 bytes
Fixed Size 2926472 bytes
Variable Size 1224738936 bytes
Database Buffers 905969664 bytes
Redo Buffers 13848576 bytes
SQL> alter database mount;
Database altered.
SQL> alter database clear unarchived logfile group 1;
Database altered.
SQL> alter database clear unarchived logfile group 2;
Database altered.
SQL> alter database clear unarchived logfile group 3;
MongoDB adalah salah satu jenis database NoSQL yang berbasis dokumen dengan fomat JSON. Pada database SQL, data disimpan dalam bentuk tabel. Sedangkan pada MongoDB data disimpan dalam bentuk dokumen dengan format JSON.
Klik 2x pada file download, maka akan muncul gambar dibawah
Klik Next,
pilih complete
tunggu proses sampai selesai
klik Finish,
Setelah selesai ter-install. Buka Local Disk (C:) lalu buat folder baru bernama “data”. Didalam folder “data” buat folder baru lagi bernama “db”.
artinya mongoDB sudah terinstall, lalu untuk menjalankan mongoDB gunakan CMD
setelah CMD terbuka, masuk ke folder mongoDB, dengan cara :
C> cd C:\Program Files\MongoDB\Server\3.4\bin
lalu keketikkan “mongod”
otomatis akan diciptakan database mongo, yang bisa dilihat seperti gambar dibawah :
jika keluar pop up seperti Windows Security Alert, langsung klik Allow Access
Membuat database
Kembali ke cmd “mongo”,
ketik : use dbdica
Tahap mengisikan atau insert data dengan terminal atau cmd, pada percobaan ini menggunakan terminal di linux
Secara default, database yang digunakan adalah test.
Untuk melihat database yang sedang aktif, gunakan perintah : db pada Shell MongoDB.
melihat daftar database, gunakan perintah show dbs
Saat ini, di server hanya ada database admin dan local.
Untuk keluar dari Shell MongoDB, tekan Ctrl+c.
Membuat Database dan Koleksi Baru
buat Database baru bernama tokobuku.
Silahkan ketik perintah :
use tokobuku
untuk membuat dan menggunakan database tokobuku.
Database ini belum tersimpan, karena masih kosong.
Selanjutnya, coba buat sebuah koleksi (collection). MongoDB menggunakan istilah koleksi untuk menggantikan tabel.
Koleksi berisi kumpulan dokumen atau data dalam format JSON. Kalau di SQL disebutnya dengan record/baris.
Koleksi bisa dibuat dengan perintah:
db.createCollections("nama_koleksi")
atau bisa juga otomatis dibuat ketika kita melakukan insert data.
Insert Data
Insert data dapat dilakukan dengan perintah berikut:
db.<koleksi>.insert(<data>)
atau
db.<koleksi>.save(<data>)
Keterangan:
<koleksi> adalah nama koleksi yang akan dibuat;
<data> adalah data yang akan disimpan dalam koleksi tersebut dengan format JSON.
Sebagai contoh, akan dibuat koleksi bernama buku:
db.buku.insert({
judul: "Belajar MongoDB",
sinopsis: "Panduan MongoDB untuk Pemula",
pengarang: "Petani Kode"
})
Maka akan memiliki satu koleksi dan satu data di dalamnya.
tambahkan lagi data baru.
db.buku.insert({
judul: "Pemrograman Javascript dan MongoDB",
sinopsis: "Panduan Pemrograman Js dan MongoDB",
pengarang: "Petani Kode",
harga: 98000
})
Maka sekarang akan mempunyai dua data dalam koleksi buku.
untuk melihat jumlah record dengan fungsi count().
Contoh:
> db.buku.count()
hasil:
2
Menampilkan Data
Untuk menampilkan data yang sudah ditambahkan, kita bisa menggunakan method find():
db.<koleksi>.find()
Contoh:
juga bisa menambahkan fungsi pretty() agar ditampilkan dengan rapi.
juga untuk menampilkan buku yang memiliki harga 98000.
db.buku.find({ harga: 98000 })
Maka, buku yang hanya berharga 98000 saja yang akan ditampilkan
apa itu "_id" dan ObjectId("5953ce71b8a47ea66328158f"), kenapa selalu ada di setiap data?
Atribut _id bisa dibilang seperti Primary Key. Atribut ini akan otomatis dibuat oleh MongoDB disetiap pengisian data.
Mengubah Data
Untuk mengubah data, bisa menggunakan fungsi update().
db.<koleksi>.update(<query>, <data baru>)
Keterangan:
<query> adalah kata kunci data yang akan diubah, sama seperti WHERE dalam SQL.
<data baru> adalah data barunya.
Sekarang, mari coba mengubah harga bukunya dari 98000 menjadi 75000.
db.buku.update(
{
judul: "Pemrograman Javascript dan MongoDB"
},
{
judul: "Pemrograman Javascript dan MongoDB",
sinopsis: "Panduan Pemrograman Js dan MongoDB",
pengarang: "Petani Kode",
harga: 75000
}
)
Maka hasilnya, semua buku yang berjudul "Pemrograman Javascript dan MongoDB" akan diturunkan harganya menjadi 75000.
Menghapus Data
Untuk menghapus data, bisa menggunakan perintah remove().
db.<koleksi>.remove(<query>)
Sama seperti update data, penghapusan data juga memiliki <query> untuk menentukan data yang akan dihapus.
Contoh:
menghapus buku yang berjudul "Belajar MongoDB", karena stoknya sudah habis
db.buku.remove({judul: "Belajar MongoDB"})
Maka data buku yang berjudul "Belajar MongoDB" sudah tiada.
Untuk menghapus semua data dalam koleksi, bisa dikosongkan nilai query-nya.
db.<koleksi>.remove({})
Menghapus Dabase dan Koleksi
Bila ingin menghapus database dan koleksi, bisa menggunakan method drop() dan dropDatabase().
Menghapus koleksi:
db.<koleksi>.drop();
Menghapus database:
db.dropDatabase();
Menggunakan Robo 3T
Robo 3T (sebelumnya bernama Robomongo) adalah salah satu tools berbasis GUI untuk memanajemen database MongoDB. Tools ini opensource dengan lisensi GPL-3.0 dan tersedia untuk semua jenis sistem operasi.
pilih sesuai dengan OS yang digunakan, pada kesempatan ini penulis menggunakan linux
Setelah itu, ekstrak dan coba jalankan file bin/robo3t.
Maka jendela EULA akan muncul, silahkan klik “I Agree” kemudian klik Finish.
Maka jendela baru MongoDB Connection akan terbuka. Silahkan buat koneksi, klik Create.
Silahkan isi nama koneksinya dengan apa saja yang kamu sukai, kemudian klik Test.
Kalau muncul jendela seperti ini, berarti koneksi berhasil.
Setelah itu, silahkan klik Save untuk menyimpan koneksi. Maka sekarang kita punya satu koneksi.
Silahkan klik Connect untuk mulai membuka database MongoDB dari Robo 3T.
maka proses berjalan berhasil
Membuat Menu Robo 3T
Robo 3T yang dijalankan tadi adalah portable. Untuk mengintegrasikan dengan sistem, silahkan taruh direktori Robo 3T di dalam direktori /opt, lalu buatkan shortcut pada menu.
Zoom adalah aplikasi buatan miliarder, Eric Yuan, yang dirilis pada Januari 2013. Selain aplikasi, Zoom juga dapat diakses melalui website, baik untuk OS Mac, Windows, Linux, iOS, dan Android. Ketika mendaftarkan diri, maka keberadaan di jenis akun Basic yang memiliki beberapa keuntungan, seperti:
Dapat melakukan meeting hingga 100 partisipan
Gratis 40 menit videoconference untuk rapat kelompok, dan dapat mengulang lagi jika durasi sudah habis
Kualitas suara dan gambar HD
Screen-sharing
Akses ke virtual background
Menjadwalkan hingga merekam keseluruhan meeting
Membagi partisipan menjadi beberapa “ruangan” dengan fitur Breakout Rooms
Jika membutuhkan ruang rapat virtual untuk lebih dari 40 menit atau lebih dari 100 partisipan, bisa menggunakan akun Pro, Business, atau Enterprise dengan harga mulai dari US$14,99 atau sekitar Rp200 ribuan per bulan.
Cara Mendaftar Zoom
Agar dapat menggunakan Zoom, hanya perlu mendaftarkan diri secara gratis, baik melalui aplikasi di HP atau website, berikut caranya:
Isi kolom email dengan email aktifmu, lalu cek email dari Zoom di kotak masukmu.
Klik ”Activate Account” hingga kembali diarahkan ke browser untuk membuat password baru.
Jika sudah mempunyai akun, maka bisa memilih Sign In, lalu memasukkan email dan password yang kamu gunakan untuk mendaftar Zoom Meeting.
Di HP:
Buka aplikasi Zoom, lalu klik Sign Up.
Masukkan alamat email, nama depan, dan nama belakang yang ingin ditampilkan bagi pengguna lain. Jangan lupa untuk mencentang persetujuan Terms of Service. Setelah itu, klik Sign Up.
Zoom akan mengirimkan email ke alamat email yang digunakan.
Klik “Activate Account” di email yang masuk dari Zoom.
Lalu akan diminta untuk menentukan password untuk akun Zoom.
Jika sudah punya akun, bisa memilih Sign In, lalu memasukkan email dan password yang gunakan untuk mendaftar Zoom Meeting.
Namun, tak hanya kendala pada layar yang kecil, mengakses Zoom Meeting melalui HP juga mempunyai kekurangan lain, misalnya tak bisa mengganti foto profil. Ya, penggantian foto profil dan mengedit nama yang hanya terdiri dari satu kata hanya bisa dilakukan mealui laptop/komputer.
Jika menggunakan laptop/komputer, pastikan juga menginstal aplikasinya, ya. Sebab, ada sedikit perbedaan ketika menggunakan Zoom di browser dengan aplikasi, yaitu bisa mengubah tampilan virtualbackground melalui aplikasi.
Jika ruangan yang digunakan sedang dalam keadaan berantakan atau kurang pantas ditampilkan saat meeting, bisa mengubah latar ruangan menjadi gambar yang bisa pilih sendiri. Aplikasi Zoom menyediakan tiga background default yang bisa dipakai, tapi juga bisa menyertakan gambar lain dengan rasio 16:9 dengan maksimal ukuran 5 MB.
Zoom Meeting
Agar tidak bingung, harus tahu bahwa ada beberapa layanan yang ditawarkan oleh Zoom, yaitu:
Zoom Meeting
Zoom Webinar
Zoom Room
Zoom Phone dan Chats
Aplikasi Marketplace
Namun, untuk melakukan videoconference bersama rekan atau karyawan kantor, perusahaan lebih sering menggunakan Zoom Meeting. Sebab, sama seperti layanan Zoom lainnya, Zoom Meeting dapat diakses dari mana pun. Selain itu, kelengkapan fitur yang disediakan Zoom Meeting juga sudah cukup memadai untuk melakukan diskusi atau rapat secara online.
Jangan sampai salah membedakan, Zoom Meeting berbeda dengan Zoom Room. Jika di Zoom Meeting hanya memerlukan laptop dengan kamera dan mikrofon, Zoom Room memerlukan alat yang lebih lengkap lagi. Pasalnya, Zoom Room ditujukan untuk melakukan rapat yang memerlukan baik video call maupun tatap muka sehingga memerlukan alat tertentu untuk menggunakan Zoom Room. Sederhananya, Zoom Room dapat mengubah rapat dari dua ruangan berbeda seakan-akan berada di satu ruangan yang sama.
Cara Menggunakan Zoom Meeting
Setelah mengetahui perbedaan Zoom Meeting dengan layanan lainnya, mari ketahui cara mengakses layanan yang satu ini.
Kamera, baik yang sudah tertanam di perangkat pintar atau webcam terpisah. Biasanya, komputer, laptop, atau HP modern sudah mempunyai kamera yang cukup mumpuni untuk mengakses Zoom.
Mikrofon atau mic. Sama seperti kamera, biasanya mic juga sudah tertanam di perangkat pintar. hal ini bisa mengetes suaramu melalui pengaturan audio di aplikasi. Jika output dan input suara bermasalah, sebaiknya menggunakan mic atau headset terpisah.
Koneksi internet. Tentu saja, untuk menghubungkanmu dengan rekan kerja melalui video call, memerlukan koneksi internet yang cepat dan stabil.
Aplikasi Zoom. Baik di HP, laptop, atau komputer, sebaiknya diinstal aplikasi Zoom ketimbang mengaksesnya melalui browser.
Jika Host yang berperan untuk membuat ruang di Zoom Meeting, sebaiknya menggunakan laptop atau komputer karena lebih mudah digunakan. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka aplikasi Zoom, lalu klik “Start” seperti pada gambar.
Klik “Invite Others”. bisa mengundang peserta melalui email atau menyalin link yang tertera.
Tunggu hingga semua peserta masuk ke ruang meeting. Jika diperlukan, kunci ruang meeting dengan memberi tanda centang pada pilihan “Lock Meeting” di menu Security seperti pada gambar.
Jika perlu, juga bisa merekam meeting yang sedang berlangsung dengan mengklik menu Record seperti pada gambar. Nantinya, data yang terekam akan diubah menjadi format .mp4.
Host, jika meeting telah berakhir, bisa memilih untuk mengakhiri meeting untuk semua atau meninggalkan meeting dengan mengklik “End Meeting” di sebelah kanan bawah. Lalu pilih sesuai kebutuhanmu.
Jangan lupa untuk selalu memperbarui aplikasi Zoom Meeting agar terhindar dari virus atau hacking, ya!
Tips Menjaga Keamanan Zoom Meeting
Sejak akhir Maret 2020, para pengguna Zoom dikejutkan oleh kabar bahwa data mereka bocor dan berhasil dicuri oleh para hacker tak bertanggung jawab. Tak lama setelahnya, beberapa pengguna Zoom mengalami interupsi saat melakukan video conference alias “Zoombombing“. Tak sedikit yang akhirnya berhenti menggunakan Zoom. Namun, tak sedikit pula pengguna yang mau tidak mau tetap menggunakan aplikasi ini karena kemudahan dan efektivitasnya. Lagipula, kantor sudah membayar sewa untuk akun premium, alasannya.
Untuk pengguna:
Selalu perbarui aplikasi Zoom, baik di PC maupun HP.
Jangan samakan password Zoom dengan password untuk akun lain.
Gunakan antivirus berbayar untuk komputer (rekomendasi: BitFender Total Security di Tokopedia).
Perhatikan baik-baik website resmi Zoom, yaitu “zoom.us“. Jangan mengunduh aplikasi dari website zoom selain “zoom.us”.
Jangan nyalakan kamera atau mikrofon jika tidak diperlukan.
Pastikan tidak menunjukkan informasi mengenai lokasi saat mengikuti meeting. Jika perlu, bisa menggunakan fitur Virtual Background.
Untuk host:
Selalu aktifkan password saat meeting.
Aktifkan “Waiting Room” setelah mengatur jadwal meeting.
Matikan fitur “Remote Control” dan “Remote Support” di pengaturan akun.
Nonaktifkan Screen Sharing untuk peserta jika tidak diperlukan