Thursday, September 13, 2018

Akses Database Using Python


Standar Interface Python untuk database adalah Python DB-API. Kebanyakan Interface database Python mematuhi standar ini.
Anda bisa memilih database yang tepat untuk aplikasi Anda. API Database Python mendukung berbagai macam server database seperti.
  • GadFly
  • mSQL
  • MySQL
  • PostgreSQL
  • Microsoft SQL Server 2000
  • Informix
  • Interbase
  • Oracle
  • Sybase
  • SQLite
Untuk mempelajari lebih lengkap daftar antarmuka/interface database Python - Antarmuka dan API Database Python. Anda harus mendownload modul DB API terpisah untuk setiap database yang perlu Anda akses. Sebagai contoh, jika perlu mengakses database Oracle dan juga database MySQL, Anda harus mendownload kedua modul database Oracle dan MySQL.
API DB menyediakan standar minimal untuk bekerja dengan database menggunakan struktur dan sintaks Python sedapat mungkin. API ini meliputi:
  • Mengimpor modul API.
  • Mendapatkan koneksi dengan database.
  • Menerbitkan pernyataan SQL dan prosedur tersimpan.
  • Menutup koneksi
Python memiliki dukungan built-in untuk SQLite. Pada bagian ini, akan mempelajari semua konsep menggunakan MySQL. Modul MySQLdb, antarmuka yang populer dengan MySQL tidak kompatibel dengan Python 3. Sebagai gantinya, akan menggunakan modul PyMySQL.

Apa itu PyMySQL ?

PyMySQL adalah sebuah antarmuka untuk menghubungkan ke server database MySQL dari Python. Ini mengimplementasikan API Database Python v2.0 dan berisi perpustakaan klien MySQL murni-Python. Tujuan PyMySQL adalah penggantian drop-in untuk MySQLdb.

Cara Instal PyMySQL

Sebelum melanjutka, pastikan Anda telah menginstal PyMySQL di komputer. Cukup ketik berikut ini di skrip Python dan jalankan.
import PyMySQL
Jika menghasilkan hasil berikut, berarti modul MySQLdb tidak terpasang:
Traceback (most recent call last): File "test.py", line 3, in Import PyMySQLImportError: No module named PyMySQL
Untuk menginstal modul PyMySQL silahkan gunakan command/perintah berikut di command prompt:
pip install PyMySQL

Database Connection

Sebelum terhubung ke database MySQL, pastikan beberapa hal dibawah ini :
  • telah membuat database TESTDB.
  • telah membuat tabel EMPLOYEE di TESTDB.
  • Tabel ini memiliki bidang FIRST_NAME, LAST_NAME, AGE, SEX, dan INCOME.
  • User ID “testuser” dan password “test123” diatur untuk mengakses TESTDB.
  • Python modul PyMySQL terinstal dengan benar pada mesin komputer.
  • Anda telah melalui tutorial MySQL untuk memahami Dasar-Dasar MySQL
Berikut ini adalah contoh koneksi dengan database MySQL “TESTDB”
import PyMySQL

# Open database connection
db = PyMySQL.connect("localhost","testuser","test123","TESTDB" )

# prepare a cursor object using cursor() method
cursor = db.cursor()

# execute SQL query using execute() method.
cursor.execute("SELECT VERSION()")

# Fetch a single row using fetchone() method.
data = cursor.fetchone()

print ("Database version : %s " % data)

# disconnect from server
db.close()

Membuat Tabel Database

import PyMySQL

# Open database connection
db = PyMySQL.connect("localhost","testuser","test123","TESTDB" )

# prepare a cursor object using cursor() method
cursor = db.cursor()

# Drop table if it already exist using execute() method.
cursor.execute("DROP TABLE IF EXISTS EMPLOYEE")

# Create table as per requirement
sql = """CREATE TABLE EMPLOYEE (
   FIRST_NAME  CHAR(20) NOT NULL,
   LAST_NAME  CHAR(20),
   AGE INT,  
   SEX CHAR(1),
   INCOME FLOAT )"""

cursor.execute(sql)

# disconnect from server
db.close()

Operasi Insert

Contoh berikut, mengeksekusi pernyataan SQL INSERT untuk membuat catatan di tabel EMPLOYEE
import PyMySQL

# Open database connection
db = PyMySQL.connect("localhost","testuser","test123","TESTDB" )

# prepare a cursor object using cursor() method
cursor = db.cursor()

# Prepare SQL query to INSERT a record into the database.
sql = """INSERT INTO EMPLOYEE(FIRST_NAME,
   LAST_NAME, AGE, SEX, INCOME)
   VALUES ('Mac', 'Mohan', 20, 'M', 2000)"""
try:
   # Execute the SQL command
   cursor.execute(sql)
   # Commit your changes in the database
   db.commit()
except:
   # Rollback in case there is any error
   db.rollback()

# disconnect from server
db.close()
Contoh di atas bisa dituliskan sebagai berikut untuk membuat query SQL secara dinamis
import PyMySQL

# Open database connection
db = PyMySQL.connect("localhost","testuser","test123","TESTDB" )

# prepare a cursor object using cursor() method
cursor = db.cursor()

# Prepare SQL query to INSERT a record into the database.
sql = "INSERT INTO EMPLOYEE(FIRST_NAME, \
   LAST_NAME, AGE, SEX, INCOME) \
   VALUES ('%s', '%s', '%d', '%c', '%d' )" % \
   ('Mac', 'Mohan', 20, 'M', 2000)
try:
   # Execute the SQL command
   cursor.execute(sql)
   # Commit your changes in the database
   db.commit()
except:
   # Rollback in case there is any error
   db.rollback()

# disconnect from server
db.close()

Read Operation

READ Operation pada database apapun berarti mengambil beberapa informasi berguna dari database.
Setelah koneksi database terbentuk, siap untuk membuat query ke dalam database ini. bisa menggunakan metode fetchone() untuk mengambil satu record atau fetchall() metode untuk mengambil beberapa nilai dari tabel database.
Fetchone () - Ini mengambil baris berikut dari kumpulan hasil query. Set hasil adalah objek yang dikembalikan saat objek kursor digunakan untuk query tabel.
Fetchall () - Ini menjemput semua baris dalam kumpulan hasil. Jika beberapa baris telah diekstraksi dari himpunan hasil, maka akan diambil baris yang tersisa dari kumpulan hasil.
Rowcount - Ini adalah atribut read-only dan mengembalikan jumlah baris yang dipengaruhi oleh metode execute ().
Prosedur berikut menanyakan semua catatan dari tabel EMPLOYEE yang memiliki gaji lebih dari 1000
import PyMySQL

# Open database connection
db = PyMySQL.connect("localhost","testuser","test123","TESTDB" )

# prepare a cursor object using cursor() method
cursor = db.cursor()

# Prepare SQL query to INSERT a record into the database.
sql = "SELECT * FROM EMPLOYEE \
       WHERE INCOME > '%d'" % (1000)
try:
   # Execute the SQL command
   cursor.execute(sql)
   # Fetch all the rows in a list of lists.
   results = cursor.fetchall()
   for row in results:
      fname = row[0]
      lname = row[1]
      age = row[2]
      sex = row[3]
      income = row[4]
      # Now print fetched result
      print ("fname = %s,lname = %s,age = %d,sex = %s,income = %d" % \
             (fname, lname, age, sex, income ))
except:
   print ("Error: unable to fetch data")

# menutup koneksi ke server
db.close()
Setelah Anda eksekusi kode diatas, akan muncul hasil seperti dibawah ini : fname = Mac, lname = Mohan, age = 20, sex = M, income = 2000

Update Operation

Operasi UPDATE pada database apapun berarti mengupdate satu atau lebih catatan, yang sudah tersedia di database. Prosedur berikut memperbarui semua catatan yang memiliki SEX sebagai ‘M’. Di sini, meningkatkan UMUR semua laki-laki satu tahun.
import PyMySQL

# Open database connection
db = PyMySQL.connect("localhost","testuser","test123","TESTDB" )

# prepare a cursor object using cursor() method
cursor = db.cursor()

# Prepare SQL query to UPDATE required records
sql = "UPDATE EMPLOYEE SET AGE = AGE + 1
                          WHERE SEX = '%c'" % ('M')
try:
   # Execute the SQL command
   cursor.execute(sql)
   # Commit your changes in the database
   db.commit()
except:
   # Rollback in case there is any error
   db.rollback()

# disconnect from server
db.close()

Delete Operation

Operasi DELETE diperlukan bila ingin menghapus beberapa catatan dari database. Berikut ini adalah prosedur untuk menghapus semua catatan dari EMPLOYEE dimana AGE lebih dari 20
import PyMySQL

# Open database connection
db = PyMySQL.connect("localhost","testuser","test123","TESTDB" )

# prepare a cursor object using cursor() method
cursor = db.cursor()

# Prepare SQL query to DELETE required records
sql = "DELETE FROM EMPLOYEE WHERE AGE > '%d'" % (20)
try:
   # Execute the SQL command
   cursor.execute(sql)
   # Commit your changes in the database
   db.commit()
except:
   # Rollback in case there is any error
   db.rollback()

# disconnect from server
db.close()
Selain itu masih ada beberapa operasi sebagai berikut :
  • Commit Operation db.commit()
  • Rollback Operation db.rollback()
  • Disconnect Operation db.close()

Mengakses Database Dengan Ptyhon

Python merupakan bahasa pemrograman yang mendukung hampir semua platform seperti desktop, web dan yang terbaru yaitu mobile android dengan kivy, selain itu kebanyakan penggunan python sebagai dasar scripting untuk berbagai aplikasi.
Tentu sebagai bahasa scripting, python juga mensupport koneksi dengan database, sebagai contoh, python secara default mendukung penggunaan SQLite, dan tentu juga mensupport database lainnya seperti postgresql, mysql, ataupun database nosql seperti mongoDB dan sebagainya.

Persiapan Environtment

Untuk menggunakan Mysql pada Python, tentunya harus menginstall mysql server. Setelah itu, dapat menyiapkan mysql driver sebagai penghubung antara python dengan mysql-server. Ada banyak jenis driver untuk mysql, seperti Mysql-Connector, PyMysql, ataupun MysqlClient.

Install MysqlClient

Sebelum memulai, untuk pengguna linux berbasis linux, windows ataupun macOS, harus menginstall python dan mysql headers development dengan cara sebagai berikut :

sudo apt-get install python3-dev libmysqlclient-dev

atau pada MacOS


brew install mysql-connector-c

setelah menginstall development header dilanjutkan dengan menginstall mysqlclient melalu pip


pip install mysqlclient

Note Bagi pengguna Windows, jika mengalami eror dapat mecoba beberapa cara berikut :
  • Install visual c++ (biasanya terjadi jika belum menginstall visual c++2010 atau ikuti requirement pada pesan erornya)
  • Install menggunakan file whl 
  • downgrade versi mysqlclient dengan


> pip install mysqlclient==1.3.9
> atau
> pip install mysqlclient==1.3.4
>
Tentu secara umum python dapat menggunakan berbagai macam metode untuk memanggil suatu library, dengan metode direct, fungction ataupun model Objek orientasi.
Dalam bagian ini, akan menunjukkan 2 cara, menggunakan metode langsung dan metode OOP

Membuat Database

Untuk cara pertama, menggunakan cara koneksi langsung. Sebelumnya kita harus membuat database terlebih dahulu yaaaa XD,
ketikkan script berikut

CREATE TABLE `product` (
  `id` int(45) NOT NULL,
  `name` varchar(45) NOT NULL,
  `price` int(11) NOT NULL,
  `stock` int(11) NOT NULL,
 PRIMARY KEY (`id`));

lalu isikan dengan data menggunakan script berikut,

INSERT INTO `product`(`id`,`name`,`price`,`stock`)
VALUES
(1, 'Sabun Mandi Lux', 3500, 10),
(2, 'Marlboro Black Filter', 20700, 12),
(3, 'Sabun cuci Muka', 15000, 100);

Direct Connection SELECT

Setelah data masuk kedalam database, langkah berikutnya akan melakukan query menggunakan python. Dalam contoh ini menggunakan metode direct connection yang artinya cara mengkoneksikannya langsung tanpa menggunakan kelas.
berikut ini contohnya :


import MySQLdb as db

connection = db.connect('127.0.0.1', 'root', '', 'pos')

cursor = connection.cursor()

query = "SELECT * from product"

cursor.execute(query)
result = cursor.fetchall()
for items in result:
    print(items)

pertama kali harus memanggil MysqlDB menggunakan syntax import.
kemudian mengkonekkan dengan database dan menyimpannya pada variabel connection.
Setelah itu mendefinisikan cursor pada object connection dan menyimpannya dengan nama yang sama yaitu cursor dimana cursor ini akan digunakan untuk mengesekusi query.
ketika query di eksekusi oleh kursor, maka dapat menampilnya dengan beberapa cara, fetchall yaitu mengambil semua baris pada database, kemudian ada fetchone yang mengambil data paling teratas.
dan result dari kode diatas adalah sebagai berikut
db1

Direct Connection INSERT dan DELETE

Seperti umummnya koneksi dengan database, tentu ada yang namanya CRUD atau CREATE, READ, UPDATE Delete, maka kali ini akan mencoba untuk insert dan delete database.
Berikut contoh insert database ;


import MySQLdb as db

connection = db.connect('127.0.0.1', 'root', '', 'pos')

cursor = connection.cursor()
cursor.execute("INSERT INTO `product` VALUES (%s, %s, %s, %s)",
               ('', 'Chiki', '5000', '50',))
connection.commit()

pada insert database , menggunakan syntax dasar mysql yaitu insert, yang diikuti string lateral dengan metode bind paramater, yaitu membuat paramater menggunakan list, bukan mempassing string, karena hal ini akan mudah di SQL Injection.
untuk contoh delete :


import MySQLdb as db

connection = db.connect('127.0.0.1', 'root', '', 'pos')
cursor.execute("DELETE FROM `product` WHERE `product`.`id` = 12")
connection.commit()

Direct Connection UPDATE

selanjutnya adalah update data pada database,


import MySQLdb as db

connection = db.connect('127.0.0.1', 'root', '', 'pos')
cursor.execute("UPDATE product SET name= (% s), price= (%s), stock= (%s)"
               "Where id= ( % s)",
               ("Permen", "500", "10", "1"))
connection.commit()

sama seperti sebelum-sebelumnya, memanfaatkan bind paramater, dengan membuat isinya menjadi bentuk list sebagai salah satu upaya menghindari sql injection,

Connection Class

Metode selanjutnya adalah menggunakan kelas untuk menginisialisasi koneksi pada database. Pada contoh ini hanya menggunakan kelas sebagai inisiator untuk menghubungkan ke database, untuk querynya tetap menggunakan metode biasa, sebagai catatan, ada 1 tools yang lebih baik dari segi efesiensi kode dan keamanan yaitu dengan menggunakan orm seperti sql-alchemy yang akan dibahas dalam tutorial Flask Versi 2.
Implementasi langsugn, pertama membuat kelas koneksi, dalam hal ini saya menamakan filenya connection.py


import MySQLdb as mysql
import hashlib
import sys
import warnings


class MysqlUserDB:
    # initialization Connection Database
    # Init Start
    warnings.filterwarnings('error')

    def __init__(self, DBrootHost, DBrootUser, DBrootPass, DBrootDatabase):
        self.DBrootHost = DBrootHost
        self.DBrootUser = DBrootUser
        self.DBrootPass = DBrootPass
        self.DBrootDatabase = DBrootDatabase

        try:
            print("Checking connection of MYSQL ...")
            self.con = mysql.connect(DBrootHost, DBrootUser, DBrootPass, DBrootDatabase)
            self.cursor = self.con.cursor()
            self.cursor.execute('Select version()')
            print("Connected to Mysql Database\n")
        # except mysql.Error as error:
        #    print("Error %s\n Stop.\n" % error)
        #    sys.exit()
        except Warning as warn:
            print("Warning", warn)

    def CreateDB(self, DBrootDatabase):
        print("Creating database...")
        try:
            self.cursor.execute('CREATE database if NOT exists ' + DBrootDatabase)
            self.cursor.execute("SHOW DATABASES LIKE %s", (DBrootDatabase,))
            dbs = self.cursor.fetchone()
            print("Database created: ", dbs[0])
        except Warning as warn:
            print("Warning: %s \nStopping Process.\n" % warn)
            sys.exit()

    def GrantsAccess(self, DBrootDatabase):
        print("Accessing Account ...")
        try:
            self.cursor.execute("SHOW DATABASES LIKE %s", (DBrootDatabase,))
            result = self.cursor.fetchone()
            print("Access Granted for Database", result[0])
        except Warning as warn:
            print("Warningg %s" % warn)

    def getDB(self):
        return self.cursor

    def delCon(self):
        print("Finishing operation ...")
        self.cursor.close()
        self.con.close()
        print("Finished")
# Init End

dalam kelas fungsi diatas, menginisialisasi paramater untuk koneksi yang dinisialisasi pada method init, Sedangkan untuk me-return hasil koneksi, menggunakan method getDB hal ini untuk mereturn cursor untuk dipanggil saat melakukan eksekusi, dan untuk memutuskan koneksi menggunakan method delcon, sedangkan sisa method lainnya hanya sebagai method pendukung, sebenernya untuk lebih memudahkan lagi, bisa membuat method-method khusus crud seperti method untuk melakukan select dan sebagainya, namun karena keterbatasan waktu, maka hanya membuat dasarnya saja.
Setelah itu, membuat file baru untuk mengetes apakah koneksi berhasil dan melakukan query.
dalam hal ini menggunakan connectionTes.py


import connection as dbs
import warnings
warnings.filterwarnings('error')

mysqli = dbs.MysqlUserDB(DBrootHost='127.0.0.1', DBrootUser='root',
                         DBrootPass='', DBrootDatabase='pos')

db = mysqli.getDB()

try:
    db.execute("select * from product")
    results = db.fetchall()
    for result in results:
        print(result)
except db.Error as error:
    print(error)
mysqli.delCon()

dalam hal ini, mengimport kelas connection sebagai db. Setelah itu di inisialisasi dengan variabel baru bernaman mysqli.
dan membuat object cursor pada db dengan memanggil object kelas mysql.getDB()
untuk querynya hampir sama dengan yang sebelumnya. perbedannya adalah mengkoneksikannya menggunakan kelas

Contoh Program Dengan Python tkinter

1. Membuat perhitungan

sintax :
from tkinter import *

class MembuatKolomTeks(Frame) :
    def __init__(self) :
        self.buatTeks()
        self.buatKolom()
        self.buatTombol()

    def buatTeks(self):
        self.teks = Label(text="")
        self.teks.grid(row = 1, column=0)

    def buatKolom(self):
        self.kolom1 = Entry()
        self.kolom1.bind("", self.hitung)
        self.kolom1.grid(row=0, column=0)

    def buatTombol(self):
        Button(text='cetak', command=self.hitungCetak).grid(row=0, column=1)

    def hitung(self, event):
        try :
            self.teks.configure(text="hasil: " + str(eval(self.kolom1.get())))
        except :
            self.teks.configure(text="ada yang salah pada kolom")

    def hitungCetak(self):
        try :
            print("hasil: " + str(eval(self.kolom1.get())))
        except :
            print("ada yang salah pada kolom")

master = Tk()
MembuatKolomTeks()
mainloop()

tampilan :


2. Membuat kalkulator sederhana

sintax :
from functools import partial
import tkinter as tk


class applikasiKalkulator(tk.Tk):
    def __init__(self):
        tk.Tk.__init__(self)
        self.title("Kalkulator tkinter")
        self.membuatTombol()
        self.penentu = False

    def membuatTombol(self):
        self.layar = tk.Entry(self, width=25)
        self.layar.grid(row=0, column=0, columnspan=5)

        btn_list = [
            '1', '2', '3',
            '4', '5', '6',
            '7', '8', '9',
            '0', '+', '-',
            'C', '/', '*',
            '='
        ]
        baris = 1
        kolom = 0
        for penampung in btn_list:
            perintah = partial(self.hitung, penampung)
            if penampung == '=':
                tk.Button(self, text='=', width=22, command=perintah).grid(row=baris, column=kolom, columnspan=5)
            else :
                tk.Button(self, text=penampung, width=5, command=perintah).grid(row=baris, column=kolom)
            kolom += 1
            if kolom > 2:
                kolom = 0
                baris += 1

    def hitung(self, key):
        if key == '=':
            self.penentu = True
            try:
                result = eval(self.layar.get())
                self.layar.delete(0, tk.END)
                self.layar.insert(tk.END, str(result))
            except:
                self.layar.insert(tk.END, "-> Error!")
        elif key == 'C':
            self.layar.delete(0, tk.END)
        else:
            if self.penentu :
                self.layar.delete(0, tk.END)
                self.penentu = False
            self.layar.insert(tk.END, key)

panggil = applikasiKalkulator()
panggil.mainloop()

tampilan :


3. Membuat Stopwatch.

sintax :
import tkinter as tk

penghitung = 0

def hitung(teks):
    def count():
        global penghitung
        penghitung += 1
        teks.config(text=str(penghitung))
        teks.after(1000, count)
    count()

root = tk.Tk()
teks = tk.Label(root, font = "Verdana 16 bold")
teks.pack()

hitung(teks)

tombol = tk.Button(root, text='Stop', width=25, command=root.destroy)
tombol.pack()

root.mainloop()

tampilan :

mereset nilai ketika mencapai angka 60 pada penghitung detik

sintax :
import tkinter as tk

detik = 0
menit = 0

def hitung(teks1, teks2):
    def count():
        global detik
        global menit
        if detik >= 59 :
            detik = 0
            menit += 1
        detik += 1
        teks1.config(text="detik : "+str(detik))
        teks2.config(text="menit : "+str(menit))
        teks1.after(1000, count)
    count()


root = tk.Tk()
teksDetik = tk.Label(root, font = "Verdana 16 bold")
teksMenit = tk.Label(root, font = "Verdana 16 bold")
teksDetik.pack()
teksMenit.pack()

hitung(teksDetik, teksMenit)

tombol = tk.Button(root, text='Stop', width=25, command=root.destroy)
tombol.pack()

root.mainloop()

tampilan :



4. Membuat Games Ular Simple

sintax :
""" 
nilai keycode arah kanan, kiri, atas dan bawah pada keybord memiliki nilai yang berbeda
#untuk pengguna windows, silahkan ubah nilai pengecekan keycode nya seperti di bawa  ini
            if event.keycode == 38:
                self.direction = "up"
            elif event.keycode == 39:
                self.direction = "right"
            elif event.keycode == 40:
                self.direction = "down"
            elif event.keycode == 37:
                self.direction = "left"
#untuk pengguna linux, silahkan ubah nilai pengecekan keycode nya seperti di bawa  ini
            if event.keycode == 111:
                self.direction = "up"
            elif event.keycode == 114:
                self.direction = "right"
            elif event.keycode == 116:
                self.direction = "down"
            elif event.keycode == 113:
                self.direction = "left"
"""

import threading
import random
import os.path
from tkinter import *

WIDTH = 500
HEIGHT = 500

class Snake(Frame):

    def __init__(self):
        Frame.__init__(self)

        self.master.title("Permainan ular. mn-belajarpython.blogspot.com")
        self.grid()

        frame1 = Frame(self)
        frame1.grid()

        self.canvas = Canvas(frame1, width = WIDTH, height = HEIGHT, bg ="white")
        self.canvas.grid(columnspan = 3)
        self.canvas.focus_set()
        self.canvas.bind("", self.create)
        self.canvas.bind("", self.create)

        newGame = Button(frame1, text = "Permainan Baru", command = self.new_game)
        newGame.grid(row = 1, column = 0, sticky = E)

        self.score_label = Label(frame1)
        self.score_label.grid(row = 1, column = 1)

        self.high_score_label = Label(frame1)
        self.high_score_label.grid(row = 1, column = 2)

        self.new_game()

    def new_game(self):
        self.canvas.delete(ALL)
        self.canvas.create_text(WIDTH/2,HEIGHT/2-50,text="selamat datang di game ular ini!"\
                                + "\nklik window atau tekan salah satu tombol arah"
                                + "\nuntuk memulai game ini..", tag="welcome_text")

        rectWidth = WIDTH/25

        rect1 = self.canvas.create_rectangle(WIDTH/2-rectWidth/2, HEIGHT/2-rectWidth/2, WIDTH/2+rectWidth/2\
                                             , HEIGHT/2+rectWidth/2, outline="#dbf", fill="#dbf"\
                                             , tag="rect1")
        rect2 = self.canvas.create_rectangle(WIDTH/2-rectWidth/2, HEIGHT/2-rectWidth/2, WIDTH/2+rectWidth/2\
                                             , HEIGHT/2+rectWidth/2, outline="#dbf", fill="#dbf"\
                                             , tag="rect2")
        rect3 = self.canvas.create_rectangle(WIDTH/2-rectWidth/2, HEIGHT/2-rectWidth/2, WIDTH/2+rectWidth/2\
                                             , HEIGHT/2+rectWidth/2, outline="#dbf", fill="#dbf"\
                                             , tag="rect3")



        self.rectWidth = rectWidth
        self.lastDirection = None
        self.direction = None
        self.started = False
        self.game_over = False
        self.score = 0


        if (os.path.isfile("high_score.txt")):
            scoreFile = open("high_score.txt")
            self.high_score = int(scoreFile.read())
            scoreFile.close()
        else:
            self.high_score = 0

        self.high_score_label["text"] = "Score tertinggi: " + str(self.high_score)

        self.rectangles = [rect1,rect2,rect3]

        self.dot = None

        self.move()


    def create(self, event):
        self.lastDirection = self.direction
        if self.game_over == False:
            if event.keycode == 38: #untuk linux nilai nya adalah 111
                self.direction = "up"
            elif event.keycode == 39: #untuk linux nilai nya adalah 114
                self.direction = "right"
            elif event.keycode == 40: #untuk linux nilai nya adalah 116
                self.direction = "down"
            elif event.keycode == 37: #untuk linux nilai nya adalah 113
                self.direction = "left"
            elif event.x < WIDTH/2 and HEIGHT/3 < event.y < HEIGHT-HEIGHT/3:
                self.direction = "left"
            elif event.x > WIDTH/2 and HEIGHT/3 < event.y < HEIGHT-HEIGHT/3:
                self.direction= "right"
            elif WIDTH/3 < event.x < WIDTH-WIDTH/3 and event.y < HEIGHT/2:
                self.direction = "up"
            elif WIDTH/3 < event.x < WIDTH-WIDTH/3 and event.y > HEIGHT/2:
                self.direction= "down"

    def first_movement(self):
        w = self.rectWidth
        self.canvas.delete("welcome_text")

        if self.direction == "left":
                self.canvas.move("rect1",-w,0)
                self.canvas.after(100)
                self.canvas.move("rect1",-w,0)
                self.canvas.move("rect2",-w,0)
        elif self.direction == "down":
                self.canvas.move("rect1",0,w)
                self.canvas.after(100)
                self.canvas.move("rect1",0,w)
                self.canvas.move("rect2",0,w)
        elif self.direction == "right":
                self.canvas.move("rect1",w,0)
                self.canvas.after(100)
                self.canvas.move("rect1",w,0)
                self.canvas.move("rect2",w,0)
        elif self.direction == "up":
            self.canvas.move("rect1",0,-w)
            self.canvas.after(100)
            self.canvas.move("rect1",0,-w)
            self.canvas.move("rect2",0,-w)
        self.canvas.after(100)

    def _move(self):
        w = self.rectWidth
        while True:
            self.score_label["text"] = "Score: " + str(self.score)
            if self.started == False and self.direction != None:
                self.first_movement()
                self.started = True
            elif self.started == True and self.game_over == False:
                if self.dot == None:
                    self.make_new_dot()
                lock = threading.Lock()
                lock.acquire()
                endRect = self.rectangles.pop()
                frontCoords = self.canvas.coords(self.rectangles[0])
                endCoords = self.canvas.coords(endRect)

                if self.direction == "left":
                    self.canvas.move(self.canvas.gettags(endRect), int(frontCoords[0]-endCoords[0])-w,\
                                     int(frontCoords[1]-endCoords[1]))
                elif self.direction == "down":
                    self.canvas.move(self.canvas.gettags(endRect), int(frontCoords[0]-endCoords[0]),\
                                     int(frontCoords[1]-endCoords[1])+w)
                elif self.direction == "right":
                    self.canvas.move(self.canvas.gettags(endRect), int(frontCoords[0]-endCoords[0])+w,\
                                     int(frontCoords[1]-endCoords[1]))
                elif self.direction == "up":
                    self.canvas.move(self.canvas.gettags(endRect), int(frontCoords[0]-endCoords[0]),\
                                     int(frontCoords[1]-endCoords[1])-w)
                self.canvas.after(100)
                self.rectangles.insert(0, endRect)
                lock.release()
                self.check_bounds()
                self.check_collide()
            elif self.game_over == True:
                break;

    def move(self):
        threading.Thread(target=self._move).start()

    def make_new_dot(self):
        if self.dot != None:
            self.canvas.delete(self.dot)
            self.dot = None
        dotX = random.random()*(WIDTH-self.rectWidth*2) + self.rectWidth
        dotY = random.random()*(HEIGHT-self.rectWidth*2) + self.rectWidth
        self.dot = self.canvas.create_rectangle(dotX,dotY,dotX+self.rectWidth,dotY+self.rectWidth\
                                                ,outline="#ddd", fill="#ddd", tag="dot")

    def grow(self):
        w = self.rectWidth
        lock = threading.Lock()
        lock.acquire()

        self.score += 100

        endCoords = self.canvas.coords(self.rectangles[len(self.rectangles)-1])

        thisTag = "rect" + str(len(self.rectangles) + 1)
        x1 = int(endCoords[0])
        y1 = int(endCoords[1])
        x2 = int(endCoords[2])
        y2 = int(endCoords[3])

        if self.direction == "left":
            x1 += w
            x2 += w
        elif self.direction == "right":
            x1 -= w
            x2 -= w
        elif self.direction == "down":
            y1 -= w
            y2 -= w
        elif self.direction == "up":
            y1 += w
            y2 += w

        thisRect = self.canvas.create_rectangle(x1, y1, x2, y2, outline="#dbf",\
                                     fill="#dbf", tag=thisTag)
        self.rectangles.append(thisRect)
        lock.release()


    def check_bounds(self):
        coordinates = self.canvas.coords(self.rectangles[0])
        if len(coordinates) > 0:
            if coordinates[0] < 0 or coordinates[1] < 0 or coordinates[2] > WIDTH\
               or coordinates[3] > HEIGHT:
                self.end_game()

    def check_collide(self):
        frontCoords = self.canvas.coords(self.rectangles[0])

        overlapping = self.canvas.find_overlapping(frontCoords[0],frontCoords[1]\
                                                         ,frontCoords[2],frontCoords[3])
        for item in overlapping:
            if item == self.dot:
                #Snake collided with dot, grow snake and move dot
                self.grow()
                self.make_new_dot()
            if item in self.rectangles[3:]:
                #Snake has collided with its body, end game
                self.end_game()


        if (self.lastDirection == "left" and self.direction == "right") or\
           (self.lastDirection == "right" and self.direction == "left") or\
           (self.lastDirection == "up" and self.direction == "down") or\
           (self.lastDirection == "down" and self.direction == "up"):
            self.end_game()

    def end_game(self):
        self.game_over = True
        self.canvas.create_text(WIDTH/2,HEIGHT/2,text="GAME OVER!")
        if self.score > self.high_score:
            scoreFile = open("high_score.txt", "w")
            scoreFile.write(str(self.score))
            scoreFile.close()
            self.canvas.create_text(WIDTH/2,HEIGHT/2+20,text=\
                                    "wew.... Kamu mendapatkan Score tinggi baru!")

Snake().mainloop()

tampilan :
pertama kali program dijalankan

setelah ditekan salah satu tombol arah

kalau kalah dalam permainan
mengambarkan perolehan nilai

Memunculkan Simbol & Emoji Pada OS Mac

  Memunculkan Simbol & Emoji  1. Buka aplikasi Pages / Notes pada Macbook. 2. Klik pada Menubar Edit --> Pilih Emoji and Symbols a...